SDM ASN Solok Selatan Dinilai Belum Maksimal Pemda akan Hadirkan Klinik Kompetensi Digitalisasi -->

Adsense-ATAS

SDM ASN Solok Selatan Dinilai Belum Maksimal Pemda akan Hadirkan Klinik Kompetensi Digitalisasi

Sabtu, 08 Januari 2022
Suasana saat pelaksanaan sidang paripurna di DPRD Solok Selatan, sekaitan memperingati Hari Jadi Solok Selatan ke-18.


Solsel, fajarsumbar.com - Bupati Solok Setan, Khairunas.menyebutķan lebih dari 41 halaman mengungkap berbagai keberhasilan yang telah dicapai pemerintah kabupaten.


Dalam bidang pengembangan SDM, Pemkab membagikan bantuan seragam sekolah gratis untuk siswa baru SD dan SMP sebanyak 6.281 stel pada Tahun 2021. Program ini berlanjut pada Tahun 2022 ini, sebanyak 11.426 Stel Seragam, juga diperuntukkan kepada siswa baru SD, SMP, hingga SMA/SMK serta Sekolah pada jajaran Kemenag di Kabupaten Solok Selatan.


Hal ini disampaikan oleh Bupati Solok Selatan H. Khairunas, pada acara Paripurna hari jadi HUT Solok Selatan ke 18 di Gedung DPRD Solok Selatan, Jumat (7/1/2022). 


Sidang paripurna ini dibuka secara langsung oleh ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda, dan turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Audi Joynaldi. 


Lebih jauh Khairunas. Pemkab juga memberikan bantuan dana pengembangan institusi ke Politeknik Negeri Padang Kampus Solok Selatan berupa bantuan operasional kampus sebesar Rp. 500.000.000,- dan Beasiswa kepada mahasiswa Solok Selatan yang belajar di Universitas Andalas sebesar Rp.517.000.000 yang tersebar di beberapa jurusan.


Disampaikan juga dari hasil uji materi selama bupati dan wakil menjabat baru 9 bulan, ditemukan rendahnya kualitas Aparatur Sipil Negara ASN Solok Selatan hanya berkisar 50,3 persen. 


Upaya peningkatan kualitas ASN, upaya konkrit dengan menyediakan Klinik kompetensi bagi ASN yang kesulitan dan gagap dengan teknologi. Selain pengembangan kompetensi ASN, Pemkab juga akan membangun Sistem Manajemen Kinerja yang terukur bagi seluruh ASN.


Program unggulan Satu KK Satu Sapi “SUKA SAPI”, telah direalisasikan pada Tahun 2021, 140 Ekor Sapi beserta Kandang dan obat-obatan dianggarkan melalui APBD telah disalurkan kepada 7 kelompok tani dan melalui dana Aspirasi DPRD sebanyak 25 ekor sapi juga telah diterima oleh masyarakat melalui 4 (Empat) kelompok tani. 


Bantuan “Program Desa Korporasi Sapi Kementerian Pertanian”  sebanyak 500 ekor sapi lengkap dengan kandang, pakan, obat-obatan dan pengolahan limbah ternak telah diterima oleh masyarakat melalui 5 (Lima) kelompok tani. Pada Tahun 2022 akan disalurkan kembali sebanyak 500 ekor sapi.


Program Suka Sapi Pemkab Solok Selatan juga didukung Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, sebanyak 92 ekor sapi, Bantuan dari Anggota DPR RI Bapak Hermanto sebanyak 20 Ekor serta bantuan PT.Supreme Energy melalui dana CSR turut memberikan bantuan 10 ekor dan perangkat kandang. (Abg)