Sekda Tanah Datar Jadi Irup Peringatan HAB Kemenag ke-76 -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Sekda Tanah Datar Jadi Irup Peringatan HAB Kemenag ke-76

Senin, 03 Januari 2022

Sekda Iqbal Ramadi Payana jadi Irup HAB Kemenag ke 76, di MAN 1 Sungayang, Senin (3/1)



Tanah Datar, fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datar diwakili Sekda Iqbal Ramadi Payana, bertindak selaku Inspektur Upacara dalam rangka Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag ke-76 tahun 2022 di Kabupaten Tanah Datar, dengan tagline Transportasi Layanan Umat, yang digelar di Komplek MAN 1 Tanah Datar Sungayang, Senin (3/2/22).


Turut menghadiri Upacara HAB tersebut Kakankemenag Kabupaten Tanah Datar H. Syahrul, Forkopimda Tanah Datar, Rektor IAIN Batusangkar Marjoni Imamora, Kepala Biro IAIN Yasrizal, Kakan Kesbangpol Irwan, Kepala OPD, para Pejabat, JFT dan JFU Kantor Kemenag Tanah Datar.


Menteri Agama RI Yaqut Cholil Caomas dalam pidatonya yang dibacakan Sekda mewakili Bupati Tanah Datar menyampaikan, Kementerian Agama telah hadir sebagai Payung Teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, Konstitusi serta Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya.


Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya indeks Kesalehan umat beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Indek Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan  yang semula  tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi 72,39 pada tahun 2021. Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021.


Kementerian Agama juga telah menjalin hubungan baik dengan para tokoh Pemuka Agama, Organisasi dan Lembaga Keagamaan, Forum Kerukunan Umat Beragama serta Unsur Masyarakat lainnya.


Menag RI berharap agar Kemenag di usia yang ke 76 tahun ini untuk terus berbenah, prestasi yang telah diraih dapat dipertahankan dan perlu berinovasi serta mewujudkan Kemenag yang lebih baik. "Jadikan agama sebagai inspirasi, jadikan agama sebagai penggerak, untuk peningkatan daya kreatifitas," pinta Menag.


Selain itu Menag mengharapkan, jadikan pula Lima Nilai Budaya Kerja menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi ASN Kemenag, apabila berpegang teguh pada itu semua, ASN Kemenag akan tampil sebagai sosok abdi Negara yang luar biasa.


"Transportasi yang dimaksud meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam pelayanan kepada masyarakat, serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur, yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kementerian Agama, dalam memberikan layanan kepada masyarakat," pungkas Menag yang dibacakan Sekda.


Dalam kesempatan itu Bupati yang diwakili Sekda didampingi Kakankemenag menyerahkan 21 Bintang Satya Lencana dari Presiden RI tahun 2022, kepada ASN di jajaran Kemenag Kabupaten Tanah Datar masing-masing Bintang Satya Lencana 30 tahun 1 orang, 20 tahun 4 orang dan 10 tahun 16 orang. 


Selanjutnya juga diserahkan, piagam penghar kogaan kepada Ka KUA Kecamatan Lima Kaum sebagai KUA Inovasi 6 besar di Sumbar dan Penyerahan Piagam Penghargaan kepada Fitriyanti, sebagai Pengawas PAI tingkat I Nasional. (fdy)