Termasuk Terbaik, Wagub Sumbar Kunjungi Destinasi Wisata GTP Ulakan -->

Iklan Atas

Termasuk Terbaik, Wagub Sumbar Kunjungi Destinasi Wisata GTP Ulakan

Kamis, 13 Januari 2022

Wagub Sumbar Audy Joinaldy bersama rombongan di Kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park, Ulakan, Padang Pariaman, Sumatera Barat (foto.dok.sm)


Ulakan
- Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy kunjungi Kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) Nagari Ulakan. Kedatangan Wagub Sumbar ini, didampingi Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar H. Novrial dan Tim Satuan Tenaga Konselor Pariwisata (Sanak) Sumbar serta rombongan Pemda Sumbar, Kamis siang (13/01/22). 


Wagub Audy Joinaldy beserta rombongan disambut Bupati Padang Pariaman diwakili Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Jhon Kenedi dengan arakan gandang tambua tasa anak-anak dari Korong Kabun Bungo Pasang, Nagari Ulakan.


Ia juga menerima pemasangan deta dari salah seorang Niniak Mamak diwakili Yusabri Dt.Rangkayo Amai Said. Kemudian, menuju ke Galeri Ekraf Nagari Ulakan untuk melihat hasil karya dan prestasi-prestasi yang telah diraih. 


Selanjutnya, Wagub Audy Joinaldy mendengarkan ekspos dari Direktur Bumnag Pesisir Ulakan Madani Adi Kurniawan tentang proses awal terbentuk dan progres kawasan GTP dan benturan serta tantangan yang dilalui hingga saat ini. 


Wagub Audy Joinaldy mengapresiasi pencapaian dari GTP bersama seluruh masyarakat yang ada dalam mengelola dan mengembangkan kawasan ini, terkhusus yang dihadiri para niniak mamak. 


Ia menyatakan, dikira ini kegiatan batagak gala disebabkan banyak para niniak mamak dan datuak yang hadir, ternyata penyambutan wisata. Ini sesuatu hal yang sangat jarang ditemui. Tidak hanya pemuda bersama pemerintah Nagari dan Kabupaten, juga dapat dukungan dari para niniak mamak dan datuak-datuak yang ada. 


"Semoga ini bisa di contoh Nagari-Nagari lainnya di Sumbar dalam mengemas dan mengembangkan Pariwisata berbasis masyarakat. Selain itu, kedatangan wisatawan kesini, yang mencapai sekitar 130 ribu orang. Kunjungan yang bagus dan luar biasa dalam masa pandemi" ucap Wagub.


Namun demikian, kata dia, harus ditingkatkan pelayanan supaya semua pengunjung bisa menghabiskan uangnya di sini. Untuk itu, agar kegiatan yang ramah berkelanjutan dengan penyajian beragam antraksi yang selalu penuh kreatifitas berbasis budaya lokal.


Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar Novrial mengatakan wisata di Nagari Ulakan ini termasuk salah satu destinasi yang terbaik, walaupun masih ada beberapa pembenahan. 


"GTP Ulakan termasuk salah satu destinasi yang diperhitungkan di Sumbar dengan wisata berbasis masyarakatnya. Namun demikian, memang masih diperlukan pembenahan untuk lebih baik lagi kedepannya. Apalagi di Ulakan ini, ada Makam Syekh Burhanuddin. Jadi tidak hanya ritual basapa, kapan perlu ada penambahan berupa wisata mediasi lainnya" harap Novrial. 


Kegiatan diakhiri makan bersama di Gazebo Bundaran dengan menu hasil olahan alam Nagari Ulakan dari Kelompok Usaha Ekonomi Masyarakat (KUEM) Nagari Ulakan. Kemudian rombongan mengelilingi trekking talao. 


Kunjungan Wagub Sumbar ke GTP Ulakan,juga dihadiri Camat Ulakan Tapakis Emri Nurman, Wali Nagari Ulakan Ade Candra Saputra, Ketua Bamus Ulakan Syahrul Mubarak serta Niniak Mamak yang berulayat di Ulakan, Tapakis dan Katapiang. (sm-saco).