Wabup Bicarakan Potensi Tanah Datar Bersama Waseskab -->

Adsense-ATAS

Wabup Bicarakan Potensi Tanah Datar Bersama Waseskab

Selasa, 04 Januari 2022

Wabup Richi Aprian bersama Waseskab Fadlansyah Lubis

 


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH, MH melakukan kunjungan kerja ke Jakarta, dan bertemu Wakil Sekretaris Kabinet (Waseskab) Fadlansyah Lubis, guna menjemput segala bentuk peluang, untuk memanfaatkan potensi di daerah yang dikenal Luhak Nan Tuo ini, Senin (02/01/22).


Ikut dalam kunjungan Wabup, Kabag Pemerintahan Setda Tanah Datar Abdurahaman Hadi dan beberapa pejabat Fungsional Ahli Muda di jajaran Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.


Wabup dalam paparannya katakan, berbicara tentang potensi di Kabupaten Tanah Datar memang tidak akan pernah ada habisnya, tinggal bagaimana potensi itu bisa dimanfaatkan sebaik-sebaiknya. Salah satu potensi di Tanah Datar yang cukup luar biasa, ialah potensi pertanian disamping potensi wisatanya.


Wabup Richi katakan lagi, untuk mengolah hasil pertanian menjadi produk yang mampu dipasarkan secara global, saat ini, pemerintah Tanah Datar berencana untuk membangun pabrik saus tomat.


"Dikala jatuhnya harga pasar, hasil pertanian khususnya tomat dibuang begitu saja, kita melihat peluang disana, bagaimana ini diolah menjadi produk komersial melalui pabrik pengolahan, untuk itu diharapkan bantuan pemerintah pusat untuk merealisasikannya," ujar Richi Aprian.


Dalam kesempatan itu beragam potensi disampaikan Wabup Richi, tak luput ia juga menginformasikan terkait salah satu dari 10 program unggulan (progul) pemerintah Tanah Datar, yakni bajak gratis, yang mampu menekan biaya produksi dan menyerap tenaga kerja.


"Pemerintah Tanah Datar sedang berupaya mewujudkan 10 progulnya. Insha Allah, dalam waktu dekat bajak gratis untuk masyarakat petani akan terlaksana ditahun ini," ujar Wabup.


Sedangkan Waseskab Fadlansyah Lubis, menyambut baik informasi terkait segala potensi Tanah Datar, yang disampaikan langsung oleh Wabup Richi. "Nanti kita lihat apa saja potensi yang ada di Tanah Datar, persiapkan sedemikian rupa dalam bentuk proposal sehingga bisa diproses, untuk menjadi program prioritas pemerintah pusat," ujarnya.


Waseskab berharap, pemerintah Tanah Datar fokus terhadap program-programnya. "Pemanfaatan tomat itu sangat bagus, terus digali potensinya, Tanah Datar akan menjadi Kabupaten yang luar biasa," pungkasnya. (fdy)