Belum Ada Laporan Dampak Negatif Vaksinasi Usia 6 - 11 Tahun -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Belum Ada Laporan Dampak Negatif Vaksinasi Usia 6 - 11 Tahun

Kamis, 10 Februari 2022
Vaksinasi Covid-19 tahap I  bagi anak usia 6-11 berakhir akan dilanjutkan pada tahap II mulai 10 Februari.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun  tahap I sudah berakhir Rabu (9/2). Sejauh ini, belum ada laporan Kondisi Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) setelah anak-anak itu mengikuti vaksinasi.


Pada tahap ini, pelaksanaan vaksinasi sudah mencapai 21,30% dari total 6.324 anak yang ditargetkan dari data yang didapat Dinas Kesehatan (Dinkes). Namun yang mendapatkan persetujuan orang tua hanya 2.430 siswa.


"Dari 2.430 siswa tersebut, 1.429 siswa yang bisa divaksinasi. Sedangkan 66 siswa ditunda karena berbagai alasan seperti, demam, batuk dan flu. Yang belum divaksinasi  945 orang ," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes, Rahmaisa, SKM, Kamis (10/2).


Dari 39 Sekolah Dasar (SD) di Kota Padang Panjang, semua sudah melaksanakan vaksinasi Covid-19.


Dinkes bekerja sama dengan lintas sektor dan OPD seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), dengan terus melakukan edukasi dan pendekatan kepada orang tua anak agar anak-anak mereka diizinkan untuk divaksinasi.


“Ini kita lakukan, melihat kasus Omicron yang sudah masuk dengan angka yang cukup tinggi di Padang Panjang,” ujarnya.


Saat ini kondisi di Padang Panjang penambahan kasus yang cukup tinggi. Sampai 9 Februari,  kasus aktif ada 13 orang. Pagi ini juga ada penambahan hasil positif, dari sampel yang diperiksa 7 orang,  di antaranya ada anak usia sekolah.


“Mari kita berikhtiar dengan memberikan vaksin Covid-19 bagi anak-anak kita agar penularan kasus dapat di tekan di lingkungan sekolah. Sejauh ini anak yang divaksin, aman. Karena belum ada laporan KIPI dari siswa kita yang sudah divaksinasi,” jelasnya.


Untuk tahap II, kegiatan vaksinasi anak usia 6-11 tahun tetap dilanjutkan mulai 10-16 Februari 2022. (syam)