Pokdarwis Terus Kembangkan Potensi Objek Wisata -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Pokdarwis Terus Kembangkan Potensi Objek Wisata

Selasa, 08 Februari 2022
Pokdarwis Desa Kubu Gadang unggulan Kota Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Para pelaku Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) diharapkan lebih mengembangkan dan memperkenalkan destinasi wisata yang dikelola. 


Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar), Padang Panjang, Reynol Oktavian, S.T, MTI , Senin (7/2). 


Dikatakan Disporapar akan terus melakukan pembinaan kepada pokdarwis. Dengan melakukan beberapa pelatihan untuk lebih meningkatkan minat dari masyarakat untuk mengembangkan pariwisatanya. 


"Kita akan terus melakukan pembinaan. Sudah banyak yang kita rencanakan dan berharap ini semua bisa berjalan demi kemajuan pariwisata di Padang Panjang," kata Reynold. 


Beberapa hal yang akan dilakukan Disporapar, di antaranya melakukan pelatihan-pelatihan dengan mendatangkan organisasi pariwisata, dan melakukan gathering per bulan masing-masing pokdarwis di tempat parisiwatanya masing-masing dan membahas bagaimana pengembangan pariwisata  ke depannya, serta apa saja yang perlu dibenahi, dan lainnya. 


Terhitung tahun 2021 lalu di Padang Panjang terdapat lima pokdarwis yakni Kubu Gadang di Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT), Stasiun Kereta Api, Kelurahan Pasar Usang (PPB), Batu Limo, Kelurahan Silaing Atas (PPB), Puncak Paganduangan, Kelurahan Ganting (PPT), dan Pokdarwis Koto Katik (PPT) serta Pokdarwis Masjid Asasi, Kelurahan Sigando (PPT). Masing-masing Pokdarwis memiliki objek unggulan.


"Kita akan terus menerima usulan pokdarwis dari masyarakat lain. Masukan dari masyarakat ini yang sangat kita butuhkan, karena itu memang keinginan mereka. Jika kita yang membuat, malah kurang berjalan dengan maksimal," tuturnya lagi. 


Menjalankan pariwisata, katanya, sangat dibutuhkan sosok yang memang peduli dan mau mengorbankan diri untuk memajukan pariwisata tersebut. Begitu juga dengan kekuatan dari kelompok masyarakat serta totalitasnya. (syam)