Polisi Bongkar Curas dengan Modus Beri Tumpangan, 1 Pelaku Ambruk Ditembak -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Polisi Bongkar Curas dengan Modus Beri Tumpangan, 1 Pelaku Ambruk Ditembak

Jumat, 11 Februari 2022

 

Polisi membongkar kasus dugaan pencurian disertai kekerasan dengan modus memberi tumpangan mobil yang beraksi di wilayah Padang, Sumbar

PADANG Polisi membongkar kasus dugaan pencurian disertai kekerasan (curas) dengan modus memberi tumpangan mobil yang beraksi di wilayah Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Satu pelaku ditembak lantaran kabur saat ditangkap.


Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Padang, Kompol Rico Fernanda mengatakan, pelaku berinisial AS (37). Dia diamankan di Kelurahan Kurao, Kecamatan Nanggalo kota Padang. 


"Pelaku lainnya masih dalam buruan polisi," kata Rico, Jumat (11/2/2022), sebagaimana dikutip iNews id.


Rico menambahkan, dari pemeriksaan terungkap jika pelaku sudah beraksi sebanyak delapan kali.


"Modus ini diawali dengan pelaku berkeliling dengan mobil dengan tujuan mencari calon korban. Setelah mendapatkan calon korban, salah seorang pelaku akan turun mendekati korban dan berpura-pura kenal. Kemudian menawarkan untuk mengantarkan korban pulang," katanya.


Setelah korban masuk ke dalam mobil, barulah pelaku melancarkan aksinya dengan melakukan kekerasan, serta pengancaman agar korban menyerahkan uang serta perhiasan yang dimiliki.


Salah satu korbannya yakni Erni. Peristiwa itu terjadi pada 16 Juni 2021, ketika dirinya sedang berdiri di Simpang Brimob.


"Tidak hanya merampas uang dan perhiasan emas milik korban, pelaku juga sempat memukul serta mencekik korban ketika berada di dalam mobil," katanya.


Setelah berhasil merampas uang serta benda berharga, lalu pelaku menurunkan korban begitu saja di pinggir jalan.


Rico mengatakan dari delapan kasus yang diakui oleh pelaku AS, tujuh korban di antaranya adalah perempuan. Sedangkan satu lainnya adalah pria lanjut usia (lansia).


"Ditenggarai pelaku ini memang menargetkan perempuan sebagai sasaran utama," katanya. (*)