Tes MotoGP Mandalika Hari 1 Terancam Selesai Lebih Awal -->

Adsense Atas-STIE AKBP

Tes MotoGP Mandalika Hari 1 Terancam Selesai Lebih Awal

Jumat, 11 Februari 2022

Marc Marquez menjalani tes MotoGP Mandalika.


Jakarta - Tes MotoGP Mandalika hari pertama, Jumat (11/2), terancam selesai lebih cepat karena kondisi Sirkuit Mandalika yang kotor.


Hal itu diungkap pihak MotoGP melalui situs resmi. Pihak MotoGP menyatakan para pembalap akan menentukan apakah tes MotoGP Mandalika hari pertama akan dilanjutkan hingga pukul 17:45 WITA.


"Sebelum pukul 15:00 waktu setempat, para pembalap telah diberitahu untuk menyelesaikan sekitar 20 lap masing-masing untuk melihat bagaimana kondisi lintasan berkembang," tulis pihak MotoGP, sebagaimana dikutip CNNindonesia.com.


"Jika mereka menganggap sirkuit [Mandalika] terlalu kotor setelah mereka menyelesaikan rangkaian lap terakhir mereka, ada kemungkinan prosesnya akan dihentikan, sehingga trek dapat dibersihkan sepenuhnya untuk tes Sabtu dan Minggu," sambung pihak MotoGP.


Sebelumnya sejumlah pembalap dikabarkan melakukan protes kepada pihak Dorna Sports melalui Direktur Olahraga MotoGP, Carlos Ezpeleta, dan Direktur Keselamatan FIM Franco Uncini.


Fabio Quartararo, Francesco Bagnaia, Maverick Vinales, Aleix Espargaro dan Alex Rins dikabarkan Motorsport bertemu langsung dengan Carlos Ezpeleta dan Uncini untuk membahas hari pertama tes MotoGP Mandalika.


Sejumlah anggota tim MotoGP menganggap kondisi kotor Sirkuit Mandalika lebih buruk daripada Sirkuit Losail, Qatar, yang dikenal sering diselimuti pasir jika angin kencang muncul.


Beberapa personil tim MotoGP berbicara tentang kondisi berlumpur. Selain itu saat sepeda motor setelah kembali ke pit, mekanik harus membersihkan debu yang menumpuk di kostum balap dan sepeda motor.


Sesi pagi hari pertama tes MotoGP Mandalika sempat dihentikan karena red flag. Kondisi Sirkuit Mandalika yang kotor dilapisi lumpur menjadi alasan tes dihentikan sementara. Setelah dihentikan lebih dari 1 jam, tes kembali digelar pukul 12:00 WITA. (*)