Gubernur Mahyeldi Puji Kerelawanan Pramuka -->

Iklan Atas

Gubernur Mahyeldi Puji Kerelawanan Pramuka

Minggu, 27 Maret 2022

.


Padang - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Buya Mahyeldi selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka Sumbar, membuka kegiatan Musyawarah Daerah (Musda) Gerakan Pramuka Kwartir Daerah 03 Sumbar, di Imelda Hotel, Sabtu (26/3/2022).


Musda yang berlangsung selama dua hari hingga 28 Maret yang mengusung tema 'Wujudkan Kepedulian dan Perkuat Bela Negara Dalam Gerakan Pramuka, diikuti perwakilan 19 Kwartir Cabang se-Sumbar.


Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh gubernur didampingi oleh Sekjen Kwarnas Mayjen Purn Dr. Bachtiar Utomo, Anggota DPRD Sumbar Maigus Nasir,  Ketua Harian Kwartir 03 Sumbar, Yulius, dan Ketua Panitia Musda Edwar Syah Ramli.


Dalam sambutannya, Gubernur Mahyeldi menyampaikan selamat atas terselenggaranya Musda 2022, dan apresiasi eksistensi Gerakan Pramuka Sumbar selama ini yang telah banyak berkontribusi dalam menjaga dan merawat keberagaman bangsa. Nilai-nilai yang ada di Gerakan Pramuka, serta kepeduliannya yang sangat tinggi sangat berperan besar dalam merawat keberagaman. 


"Gerakan Pramuka sebagai organisasi kepanduan harus mampu berperan secara dinamis seiring perkembangan zaman sehingga eksistensi Gerakan Pramuka tetap mendapat apresiasi tinggi di tengah masyarakat. Gerakan Pramuka juga berperan penting memberikan solusi sebab masih menjadi bahagian terdepan dalam memberikan komitmen yang kuat dalam kemaslahatan masyarakat," ujar gubernur.


Gerakan Pramuka lanjut gubernur juga sangat strategis dalam pembinaan generasi muda, khususnya dalam menyongsong Indonesia Emas tahun 2045. Gubernur juga menyampaikan rencana perlunya kawasan bumi perkemahan yang representatif dan bertaraf internasional.


Sekjen Kwarnas Mayjen Purn Dr. Bachtiar Utomo, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur selaku Ketua Mabida dan Wakil Ketua Mabida Sumatera Barat yang terus memberikan dukungan baik moril maupun materiil bagi pelaksanaan kegiatan kepramukaan di Provinsi Sumbar.


Menurut Bachtiar, pada tahun 2022 ini, terdapat sejumlah kegiatan nasional penting Pramuka antara lain Jambore Nasional XI di Cibubur, pada 14 sampai 21 Agustus 2022. Kemudian ada juga kegiatan Perkemahan Bakti Satuan Karya Bhayangkara (Pertikara) Tingkat Nasional di Sumatera Selatan, Perkemahan Antar Satuan Karya (Peran Saka) Tingkat Nasional di Bangka Belitung, dan Perkemahan Bela Negara di Bengkulu.


"Saya berharap baik Mabida maupun pengurus Kwarda Sumatera Barat dapat terus memberikan perhatian kepada para Pembina Pramuka di gugus depan -gugus depan di seluruh provinsi ini. Dan, saya berharap Kwartir Daerah Sumatera Barat dapat berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan tahun 2022 dan mengirimkan kontingen terbaiknya. (doa/MMC)


Dinas Kominfotik Sumbar