Kebakaran SMAN 3 Solsel Akibat Korsleting Listrik -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Kebakaran SMAN 3 Solsel Akibat Korsleting Listrik

Rabu, 23 Maret 2022
Suasana kepanikan warga dan pihak sekolah saat terjadi kebakaran disejumlah ruangan SMAN 3 Solok Selatan.


Solsel, fajarsumbar.com - Bangunan SMAN 3 Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) terbakar, dugaan sementara akibat korsleting listrik.


Dugaan sementara ini dilakukan cek kondisi di dalam bersama aparat kepolisan usai  peristiwa kebakaran lima ruangan sekolah penggerak itu, Selasa (22/3/2022) sekitar pukul 16.30 Wib.


"Dugaan sementara kebakaran karena cah handphpone diduga meledak, kemudian api menyambar instalasi sehingga membakar bagian loteng terlebih dahulu. Juga ditemukan empat unit handphone terbakar," jelas Kepala Bidang Pemadam Kebakaran, Arnonsyah usai kejadian.


Dia mengatakan, belum bisa menjelaskan taksiran kerugian, sebab peralatan sekolah yang terbakar banyak. Baik di ruangan kelas XI IPS1, Gudang Sekolah, Ruangan Kesenian, Ruangan OSIS dan Ruangan Guru.


Tentu saja perlu penghitungan dari pihak bagian aset sekolah, alat kesenian yang hangus berapa jumlahnya, peralatan di ruangan OSIS termasuk di gudang.


"Hingga kini kita belum mendapatkan informasi dari sekolah, apa saja fasilitas yang terbakar. Besok taksiran kerugian akan kita dapatkan dari sekolah, seban perlengkapan kebutuhan siswa yang terselamatkan juga sudah rusak," terangnya. 


Kepala SMAN 3 Solok Selatan Akmalu Rijal Putra didampingi Wakil Kurikulum Yosi Purwari mengatakan, pihak sekolah terkejut dengan kejadian kebakaran tersebut.


Sebab Kepsek dan mejelis guru serta Tata Usaha baru pulang sekitar pukul 16.15 wib. Namun tiba-tiba pihaknya mendapat informasi dari siswa dan mejelis guru, bahwa SMAN 3 terbakar.


"Saya kaget. Awalnya tak percaya, kemudian ada guru yang menghubungi. Ternyata informasi kebakaran ini benar terjadi," paparnya.


Akmalu mengatakan, saat dihubungi siswa dan guru mobilnya baru diparkir dibagase rumah. Saat panggilan masuk, dia sedang mengganti baju dinasnya.


Ternyata panggilan musibah yang melanda sekolahnya, padahal SMAN 3 satu-satunya SMA sederjat di Solsel yang lulus sekolah penggerak di tahun 2022.


"Saya langsung bergegas kembali kesekolah dan setiba disekolah lima ruangan sudah dijalari api," tuturnya. 


Akmalu lebih rinci melaporkan telah terjadi kebakaran di SMAN 3 Solok Selatan 1 unit ruang belajar, 1 unit ruang kesenian, 1 unit ruang osis, 1 unit ruang guru dan alat alat kesenian, diperkirakan nominalnya diatas Rp  1 Miliar.


penyebabnya diperkirakan hubungan pendek arus listrik dan berkat kesigapan regu pemadam kebakaran dan masyarakat Solok Selatan, api cepat bisa dipadamkan dalam waktu singkat, sehingga kerugian yg lebih besar bisa diatasi. (Abg)