Koalisi Arab Saudi Gagalkan Serangan Kapal di Laut Merah -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Koalisi Arab Saudi Gagalkan Serangan Kapal di Laut Merah

Senin, 21 Maret 2022

 

Pemberontak Houthi. 

SANAA - Koalisi pimpinan Arab Saudi di Yaman menggagalkan serangan kapal di selatan Laut Merah. Serangan itu menargetkan pelayaran di kawasan tersebut.


Pernyataan ini disampaikan koalisi pada Minggu (20/3/2022). Dilansir dari kantor berita Arab, SPA, kapal penyerang dihancurkan di wilayah al-Hudaydah, Yaman barat. 


Sayang tak ada penjelasan lebih lanjut terkait serangan ini. SPA mencatat, sebanyak 106 kapal bermuatan bahan peledak dihancurkan oleh koalisi pimpinan Saudi di selatan Laut Merah sejak 2015, sebagaimana dikutip iNews.id.


Pernyataan itu tidak secara eksplisit menyalahkan pemberontak Houthi di Yaman atas serangan kapal yang direncanakan. Tidak ada komentar dari kelompok Houthi terkait serangan ini.


Yaman telah dilanda kekerasan dan ketidakstabilan sejak 2014. Saat itu, Houthi yang bersekutu dengan Iran merebut sebagian besar negara itu, termasuk ibu kota Sanaa.


Konflik tersebut telah menciptakan salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia. Hampir 80 persne negara, atau sekitar 30 juta orang, membutuhkan bantuan dan perlindungan kemanusiaan. Selain itu, lebih dari 13 juta berada dalam bahaya kelaparan, menurut perkiraan PBB. (*).