KSPPS Ikhwan Terima Penghargaan dari Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kota Payakumbuh -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

KSPPS Ikhwan Terima Penghargaan dari Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kota Payakumbuh

Minggu, 20 Maret 2022
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com --- Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kota Payakumbuh, Dahler melalui Kepala Bidang Koperasi UMKM Tegrasia Nita menyerahkan penghargaan kepada Ketua Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Ikhwan karena telah sukses melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke 49 tahun buku 2021.


Diterangkan Tegrasia, bahwa KSPPS Ikhwan adalah koperasi Syariah yang bisa dijadikan contoh dalam pelaksanaan prinsip syariah dalam perkoperasian di Kota Payakumbuh. Juga, RAT KSPPS Ikhwan merupakan RAT keempat puluh yang sukses dilaksanakan sesuai jadwal yakni bulan Maret 2021 dari 143 koperasi yang terdaftar resmi di Dinas Koperasi UMKM dan perdagangan Kota Payakumbuh. 


Menurut Kabid Koperasi UMKM Tegrasia, RAT KSPPS Ikhwan yang beranggotakan ASN kemenangan Kota Payakumbuh dan kabupaten Lima Puluh Kota, sudah sesuai dan 'tepat waktu'. Dirinya memuji mengapresiasi dan mengaku takjub, karena laporan KSPPS Ikhwan tertata secara apik dan sistematis. Bukan bagus karena cover, semata. Tapi koper laporan bagus, isi laporan pun bagus. Ini alasan dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kota Payakumbuh memberikan penghargaan tersebut. 


"KSPPS Ikhwan, sejak saya kenal patut menjadi contoh pengimplementasian prinsip syariah di Payakumbuh. Hal ini wajib dipertahankan karena sejumlah penghargaan hingga tingkat provinsi pun sudah diraih sebagai bukti koperasi berprestasi. KSPPS Ikhwan sudah punya 6 bidang syariah yang berjalan baik. Ternyata, Beralih ke syariah dan mampu berjalan optimal, bukan niatan semata. Selain itu bidang usaha syariah sudah punya aturan jelas, baik rencana jangka panjang, rencana jangka pendek, serta besaran pinjaman untuk anggota. Termasuk aturan koperasi hingga pembagian sisa hasil usaha. Semua tinggal ditaati bersama anggota koperasi,"pesan Tegrasia saat membuka RAT yang dilangsungkan di aula serbaguna Kankemenag Kota Payakumbuh, Sabtu (19/03/2022) siang. 


Dia katakan, KSPPS Ikhwan sudah menjalankan bidang yang berkaitan dengan kemanusiaan, terbukti adanya ketentuan uang sosial bagi anggota serta adanya beasiswa untuk menunjang pendidikan untuk anak dari anggota koperasi mulai tingkat SD hingga Perguruan Tinggi, sesuai kesepakatan bersama. KSPPS Ikhwan patut direkomendasikan untuk dijadikan contoh koperaai syariah di Payakumbuh. Diharapkan pengurus bersedia duduk bersama agar bisa membina koperasi konvensional yang ingin beralih status ke koperasi syariah. KSPPS Ikhwan juga menerapkan simpanan wajib khusus untuk pejabat Kemenag. Bergabungnya 2 instansi merupakan sebuah kekuatan besar demi kemajuan KSPPS Ikhwan. 


Diapresiasi Tegra, nilai plus yang patut dicontoh, untuk audit laporan keuangan, pengurus KSPPS Ikhwan telah melibatkan Akuntan publik tim audit independen Soekamto Adi Syahril dan rekan yang berkantor di Padang. Kebijakan ini akan mengurangi rasa curiga anggota. 


"RAT adalah kekuasaan dan keputusan tertinggi koperasi yang akan dilaksanakan pengurus selama satu tahun buku. Keputusan sudah atau tidak dilahirkan dalam RAT. Perlu kami ingatkan, setelah membaca dan mengamati serta meneliti laporan KSPPS Ikhwan secara detail. Kiranya laporan simpanan pokok dan simpanan wajib dan simpanan sukarela, dipisah. Termasuk pinjaman dari pihak ketiga. Paling pokok, waspadai anggota macet utang,"Tegra pesankan. 


Jelang serahkan penghargaan Tegrasia kembali ingatkan bahwa sukses koperasi bukan sekadar ditandai dengan kinerja pengurusnya, yang terpenting adalah semua anggota koperasi patuh menjalani peraturan yang telah dibuat bersama. 


"Prestasi pujian jangan buat lengah, jadikan motivasi, karena mempertahankan yang sudah baik itu sulit. RAT adalah wadah 

evaluasi kinerja, anggota berhak bertanya, dan menyampaikan harapan bersama, kedepan. Karena koperasi yang tangguh memiliki kejelasan status keanggotaan, akubtabilitas, transparansi keuangan. Jaga selalu soliditas sesuai azas perkoperasian Indonesia,"pesan Tegrasia Nita sembari menyerahkan penghargaan kepada Ketua KSPPS Ikhwan H. Jufrimal. 


Sebelumnya, Pengurus Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Payakumbuh, Etlan Nofri telah menyampaikan pesan dan masukan terkait kondisi neraca KSPPS Ikhwan tahun buku 2021.


Harapan senada juga disampaikan, Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh Ramza Husmen selaku pembina KSPPS Ikhwan. Dirinya berharap agar pengurus dan anggota memiliki niat baik untuk memajukan KSPPS Ikhwan yang sudah dirintis sesepuh sejak tahun 1977 dengan nama KPRI Ikhwan berbadan hukum, hingga merubah jati diri menjadi koperasi syariah sesuai akta perubahan yang diterbitkan Kemenkumham pada tanggal 28 Agustus 2021, sebagaimana tertera pada buku laporan RAT. 


"KSPPS Ikhwan kini dibawah binaan PKP RI cabang Sumatera Barat. Walau demikian, mari kita luruskan niat , tetap low profile, pandai mengatur strategi, komunikasi, koordinasi demi kemajuan koperasi. Salah satu langkah memajukan KSPPS Ikhwan adalah anggota berbelanja kebutuhan hariannya di KSPPS Ikhwan. Selamat RAT, karena RAT, out putnya ada inovasi baru. Teruslah berampanye fastabikul khairat dengan memajukan koperasi berbasis syariah. 


Sementara Ketua KSPPS Ikhwan, Jufrimal saat diwawancarai menyebutkan pengurus koperasi menjalankan periode jabatan sudah meaksanakan kerja secara maksimal, tidak memandang kondisi pandemi covid-19.


"Semua bidang sebagaimana tertera pada buku laporan RAT sudah dilaksanakan secara baik, bisa dipertanggungjawabkan, baik bidang organisasi, Bidang Diklat, bidang usaha, bidang permodalan keuangan, bidang kesejahteraan, dan bidang pengawasan. Statistik pertumbuhan koperasi bisa dilihat lengkap terperinci di buku. Tahun ini terjadi penyusutan anggota karena pensiun dan meninggal dunia. Jumlah anggota saat ini 486 orang. Jumlah aset saat ini 8,671,143,461. Aset bangunan gedung 2 lantai KSPPS Ikhwan dan tanah yang dalam waktu dekat diupayakan untuk dijual, selanjutnya akan dijadikan aset berupa uang tunai. Kalau ada yang berminat, silahkan hubungi pengurus KSPPS Ikhwan,"pungkasnya.


RAT KSPPS Ikhwan dihadiri 135 orang perwakilan satker dan unit jajaran Kankemenag Kota Payakumbuh dan kabupaten Lima Puluh Kota.(Ul)