Musrenbang Penyusunan RKPD Kabupaten Tanah Datar 2023 Dibuka Wabup Secara Virtual -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Musrenbang Penyusunan RKPD Kabupaten Tanah Datar 2023 Dibuka Wabup Secara Virtual

Rabu, 23 Maret 2022

Musrenbang RKPD Kabupaten Tanah Datar
Dibuka Wabup secara virtual, Rabu (23/3)
 


Wakil Bupati (Wabup) Tanah Datar Richi Aprian, SH. MH membuka secara virtual, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Tanah Datar tentang penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023, yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati, Rabu (23/3/22).


Wabup sampaikan, rencana pembangunan di Kabupaten Tanah Datar untuk penjabaran tahun ke-II dari RPJMD, masih disesuaikan dengan kondisi pemulihan akibat pandemi Covid-19. Dimana rencana pembangunan itu masih dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi melalui Program Unggulan (Progul) daerah.


"Tema pembangunan masih disesuaikan dengan kondisi wabah pandemi Covid-19 saat ini, yaitu Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Melalui Program Unggulan Daerah. RKPD ini diharapkan berperan strategis dan penting untuk memberikan arah dalam penyusunan program dan kegiatan," ungkap Wabup.


Wabup tambahkan, kegiatan Musrenbang yang dilakukan merupakan kegiatan strategis dan penting, karena selain untuk melaksanakan amanah Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004, Tentang Perencanaan Pembangunan Nasional, juga untuk menyusun program dan kegiatan yang produktif dan inovatif, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat ke arah yang lebih baik, tema pembangunan Kabupaten Tanah Datar 2023 telah diselaraskan dengan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) pusat dan arah kebijakan RPJMD Tanah Datar 2021-2026.


"Musrenbang RKPD yang kita laksanakan hari ini, bertujuan untuk membahas rancangan RKPD Kabupaten dalam rangka menyepakati permasalahan, diantaranya prioritas, program, kegiatan, indikator dan target kinerja serta lokasi kegiatan, penyelarasan program dan prioritas pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi yang disasri oleh isu-isu strategis yaitu fokus pemulihan ekonomi," terang Richi Aprian.


Richi harapkan, kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta seluruh stakeholder, untuk berpikiran terbuka, memiliki visi jauh ke depan, terintegratif, inovatif dan mampu melaksanakan kerja kolaboratif lintas sektor secara terukur.


"Dengan demikian diharapkan penyelenggaraan pembangunan tahun 2023 akan lebih terarah, terukur, akuntabel serta dapat menjawab isu-isu strategis dan permasalahan serta tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat Tanah Datar secara tepat" harap Wabup.


Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Saidani sampaikan, terimakasih atas terselenggaranya Musrenbang ini, yang mana Musrenbang ini merupakan hasil aspirasi masyarakat pada pelaksanaan Musrenbang tingkat Nagari dan Kecamatan. "Semoga kegiatan ini dapat menampung aspirasi dan kebutuhan masyarakat, yang nantinya akan disinkoronisasikan dengan program kerja di masing-masing OPD," katanya.


Saidani katakan lagi, sehubungan dengan belum terlepasnya beban anggaran pemerintah daerah dari wabah Covid-19, kami mengingatkan agar kiranya program dan kegiatan yang disusun dan direncanakan, bisa berdampak kepada kepentingan masyarakat Tanah Datar, sehingga beban ekonomi masyarakat bisa terbantu dengan adanya program kegiatan tersebut.


Saidani juga ingatkan, dengan telah di launching Progul oleh Pemerintah Daerah, diharapkan berjalan dengan tujuan mensejahterahkan masyarakat. "Yang terpenting adalah pelaksanaan dan pencairan anggaran harus tepat dan sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku sehingga tidak menjadi temuan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut," pungkasnya.


Hadir dalam Musrenbang tersebut, Anggota DPRD Sumbar Arkadius Dt. Intan Bano, Forkopimda, Sekretaris Daerah Tanah Datar Iqbal Ramadi Payana, Asisten, Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD dan undangan lainnya. (F12)