Pelayanan Nagita, Solok Selatan Tandatangani MoU dengan Pd.Pariaman -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Pelayanan Nagita, Solok Selatan Tandatangani MoU dengan Pd.Pariaman

Selasa, 29 Maret 2022
Bupati Solok Selatan Khairunas tandatangani MoU dengan Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur didampingi Wabup Rahmang tentang pelayanan Replikasi Nagita di Hall Kantor Bupati, Parit Malintang, Senin 28 Maret 2022 (foto.dok.ikp)


Parik Malintang
- Perkembangan pelayanan tekhnologi informasi Padang Pariaman semakin dilirik dan diakui beberapa Kabupaten/Kota di Sumatera Barat (Sumbar). Bahkan, luar Sumbar melakukan Study Tiru ke Daerah ini. Kali ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan berkunjung untuk melihat dan meniru pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan program smart city nya.


Rombongan Pemkab Solok Selatan dipimpin langsung Bupati Khairunnas dengan didampingi 12 kepala organisasi perangkat daerah (OPD). Rombongan disambut Bupati Suhatri Bur didampingi Kepala OPD terkait dalam agenda penandatangan MoU Replikasi Inovasi Nagari Go Digital (NAGITA) di Hall Kantor Bupati, Parit Malintang, Senin (28/03/22)


Penandatanganan perjanjian kerjasama 4 (empat) OPD antara Disdukcapil dan Diskominfo Pemkab Padang Pariaman dengan Disdukcapil dan Diskominfo Pemkab Solok Selatan.


Bupati Solok Selatan Khairunnas dalam sambutannya mengatakan alasan berkunjung ingin sama dengan Padang Pariaman. Ia mengakui telah melakukan beberapa MoU dengan beberapa daerah.  Hal itu, salahsatu bentuk upaya dalam memacu pembangunan Solok Selatan agar tidak tertinggal dari daerah lain.


"Kami ingin sejajar dengan Padang Pariaman, tentu dengan kerjasama ini dapat kami adopsi dan replikasi inovasi sistem informasi yang ada di Padang Pariaman untuk diterapkan” harap Bupati Khairunas yang juga Ketua DPD Golkar Sumbar ini.


Sementara itu, Bupati Suhatri Bur menyambut baik kunjungan dan kerjasama dengan Solok Selatan yang merupakan saudaranya Padang Pariaman. 


“Kabupaten Solok Selatan, bagi kami tidak asing lagi dan malahan sudah menjadi saudaranya Padang Pariaman. Untuk itu, tidak salah kiranya kami berbagi inovasi dan program kerjasama agar sama-sama maju sebagaimana harapan Saudaraku Khairunnas" ujarnya.


Menurut Suhatri Bur yang juga Ketua DPD PAN Padang Pariaman ini tidak terlepas dari semangat dan koordinasi dengan kebersamaan yang efektif dari perangkat daerah yang ada. Sehingga, Padang Pariaman dapat meraih prestasi dan mengalami peningkatan pembangunan.


"Padang Pariaman pernah meraih Kabupaten Inovatif peringkat 2 Indonesia. Pada tahun 2021 kemarin, telah diraih 14 penghargaan yang berasal dari inovasi-inovasi Padang Pariaman” jelasnya.


Ia mengatakan, Padang Pariaman merupakan salah satu dari 100 Kab/Kota Smart City Indonesia. Kesemua program smart city merupakan program-program inovasi diseluruh perangkat daerah. 


"Dengan program-program inovatif ini, kami membangun Padang Pariaman untuk mewujudkan Padang Pariaman Berjaya”, tukuk Bupati Sahabat Pers ini.


Sementara itu, Kadis Kominfo Padang Pariaman Zahirman disela-sela acara mengungkapkan, tahun 2022 ini, Diskominfo Padang Pariaman telah melahirkan 10 buah Inovasi. Yakni Integrasi Layanan Berbasis Elektonik (INTAN BERNIK), Surek Cinto= Surat Elektronik dengan Chating Info (SIAPKAN), Sistim Informasi Telekomunikasi Intra Kantor (SITIKA), 


Kemudian, Bincang-bincang diudara (BIDADARI) dengan Podcast, Tanda Tangan Surat Elektronik (Tata Surek), Central Operation City (COC), Raman Digital Untuk Akses Publik (MANDI UAP), PPID Ciptakan Pelayanan Yang Cepat, Akurat dan Profesional (PPID CAKAP), Publikasi Ekspres Online Berita (Peron Berita) dan Info Statistik Daerah Di Sosial Media Umum (ISI DADAMU). 


"Tindak lanjut dari perjanjian kerjasama ini, akan dilakukan pertemuan programer dan replikasi Aplikasi persuratan yaitu SIAPKAN dan Super Apps Padang Pariaman Intan Bernik," sebut Zahirman.


Ia menjelaskan, inovasi-inovasi ini lahir untuk mengatasi permasalahan-permasalahan dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi. 


"Kesemuanya itu, agar inovasi ini berjalan dengan baik, dibutuhkan kerjasama dan dukungan dari semua pihak terutama OPD terkait," harap mantan Kabag Humas ini mengakhiri. (r-09).