Pengurus dan Kader PKK Tanah Datar Ikuti Bimtek SIAP PKK -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Pengurus dan Kader PKK Tanah Datar Ikuti Bimtek SIAP PKK

Selasa, 22 Maret 2022

Suasana Bimtek SIAP PKK yang digelar TPPKK Tanah Datar, Senin (21/3)

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TPPKK) Tanah Datar diwakili Wakil Ketua Ny. Patty Richi Aprian, membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistim Informasi Administrasi Pendataan (SIAP) PKK tingkat Kabupaten Tanah Datar, yang dilaksanakan selama 4 hari kedepan dari tanggal 21 s/d 24 Maret, di Aula Kantor TPPKK Tanah Datar, Senin (21/3/22).


Bimtek ini diikuti, Pengurus TPPKK Tanah Datar, Ketua TPPKK Kecamatan dan Sekretaris, Ketua TPPKK Nagari beserta Sekretaris dan Kader PKK se-Tanah Datar.


Ny. Patty katakan, Bimtek tersebut bertujuan meningkatkan wawasan, menyamakan persepsi tentang gerakan PKK, yang dilaksanakan disemua tingkatan. Memberikan informasi atau gambaran dan langkah-langkah serta kebijakan yang diambil TPPKK Kabupaten untuk mencapai tujuan gerakan PKK. "Memberikan semangat dan motivasi kerja bagi TPPKK Kabupaten, Kecamatan dan Nagari. Serta mendapatkan data yang akurat tentang administrasi pkk disemua tingkatan dan dasawisma di ujung jari," ujarnya.


Ny.Patty tambahkan, TPPKK Kabupaten Tanah Datar harus bekerja keras untuk melakukan pembinaan kesemua tingkatan hingga yang terendah, dalam mengaplikasikan SIAP PKK ini terutama dalam pembinaan Nagari contoh tahun 2022 ini, karena lomba gerakan PKK tahun ini sudah diberlakukan Sistim Informasi PKK Diujung Jari, untuk meraih prestasi gerakan PKK Tanah Datar yang terbaik.


"Saya berharap dukungan semua pihak, kader disemua tingkatan serta pengurus dan juga masyarakat untuk pkk lebih baik lagi berbuat untuk kesejahteraan masyarakat Tanah Datar," harapnya.


Sebelumnya, Sekretaris TPPKK Rosnidel sampaikan, pelaksanaan Bimtek itu dilaksanakan selama 4 hati dengan 4 angkatan, dimana hari pertama diikuti oleh 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Sungai Tarab, Lima Kaum dan Rambatan, bersama Nagari yang diikutkan dan didampingi oleh pengurus TPPKK Kabupaten unsur Sekretariat dan Pokja I.


"Untuk seterusnya akan bergilir Pokja II sampai IV, begitu juga Kecamatan dan Nagari, sehingga semua pengurus di semua jenjang dapat memahami dan mengaplikasikan SIAP PKK ini dilapangan," ucapnya.


Sementara itu, Ketua TPPKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra yang hadir menjelang mengikuti agenda lain, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Kominfo Tanah Datar, yang telah merampungkan aplikasi SIAP PKK dan menjadi narasumber bagi peserta bimtek, yang digelar selama empat hari tersebut.


"Terima kasih kepada narasumber dan semua peserta yang telah serius mengikuti bimtek ini, semoga kesungguhan kita ini mulai dari Kabupaten, Kecamatan dan Nagari, serta kader dasawisma, dapat menjadikan Tanah Datar yang terbaik di Provinsi Sumbar dan itu juga perlu strategi," ujar Lise.


Ny. Lise juga minta kepada narasumber, untuk memberikan pemahaman atau formulasi yang memudahkan peserta Bimtek untuk memahami, sehingga aplikasi yang akan diinputkan datanya oleh operator masing-masing Nagari dan Kecamatan tidak susah dalam pengoperasiannya.


Siti Saadiyah dan Amelia Tifani dari Dinas Kominfo Tanah Datar selaku narasumber mengatakan, SIAP PKK adalah sistem informasi yang melalukan pengelolaan data yang berhubungan dengan dasawisma, data keluarga, dan data kegiatan PKK di Kabupaten Tanah Datar, dimana sistem informasi ini terintegrasi dari Nagari, Kecamatan, hingga Kabupaten.


"Sistem atau aplikasi ini berbasis web dan android. Untuk websitenya bisa diakses melalui link sipkk.tanahdatar.go.id sedangkan untuk aplikasi android SIAP PKK dapat di download pada playstore dengan nama aplikasi SIPKK TD," katanya. (F12)