PLN Bedah Rumah Menggunakan FABA di Area Ring 1 PLTU Ombilin -->

Adsense Atas-STIE AKBP

PLN Bedah Rumah Menggunakan FABA di Area Ring 1 PLTU Ombilin

Kamis, 24 Maret 2022
Foto bersama.


Sawahlunto - PT PLN (Persero) Unit induk Pembangkitan SUMBAGSEL menggelar kegiatan bedah rumah serentak dengan pemanfaatan Fly Ash Bottom Ash (FABA) atau abu sisa pembakaran batubara dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di 5 lokasi di sumatera yaitu PLTU Bukit Asam, PLTU Tarahan, PLTU Sebalang, PLTU Teluk Sirih dan PLTU Ombilin Desa Sijantang Koto, Kecamatan, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Selasa 22 maret 2022.


Program bedah rumah tersebut merupakan inisiasi PLN untuk membantu meringankan beban sesama yang belum memiliki tempat tinggal yang layak huni. Selain mampu menghemat biaya, program ini juga memanfaatkan batako produksi UMKM binaan CSR PT PLN (Persero) UPK Ombilin. 


Ceremoni peletakan batu pertama bedah rumah di PLTU Ombilin turut dihadiri oleh beberapa perwakilan stakeholder terkait, antara lain dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Sawahlunto, Kepala Kecamatan Talawi, Ketua Kerapatan Adat Nagari Sijantang, Kepala Desa Sijantang Koto, serta karang taruna. 


Bedah rumah


Manager PLN UPK Ombilin, Shodiqin, turut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut menyukseskan acara bedah rumah ini dan berharap dapat berkelanjutan di masa yang akan datang.


“Dengan kegiatan bedah rumah ini semoga bisa meringankan beban warga yang masih menempati tempat tinggal yang tidak layak huni dan juga berharap kerja sama PLTU Ombilin dengan masyarakat Sijantang Koto bisa terus dilanjutkan dengan program-program lain yang mana selama ini PLTU selalu menyalurkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dan program Yayasan Baitul Maal (YBM),” ucap Shodiqin.


Shodiqin juga menjelaskan bahwa YBM merupakan wadah untuk penyaluran zakat bagi seluruh pegawai PLN dan zakat tersebut disalurkan kepada masyarakat berupa program-program yang mengacu pada 8 asnaf yang berhak menerimanya dan program pemberdayaan masyarakat salah satunya merupakan program bedah rumah ini dan semoga dengan adanya program ini dapat meringankan para dhuafa yang ada di Desa Sijantang Koto.


.


Kepala Desa Sijantang Koto, Rendi Setiawan, turut mengucapkan terima kasih kepada PT PLN (Persero) UPK Ombilin yang telah membantu masyarakat Desa Sijantang Koto dalam kegiatan bedah rumah dengan memanfaatkan batako dari FABA dan berharap dapat berkolaborasi dengan PLTU Ombilin untuk mensejahterakan masyarakat khususnya di area PLTU Ombilin.


Program bedah rumah ini memanfatkan 2.000 buah batako dan menghabiskan Rp55,5 juta dan YBM PLN yang menyasar golongan fakir miskin di ring 1 PLTU Ombilin.


.


Penerima manfaat Gusnidar (39) yang merupakan buruh kasar pembersihan jalan mengucapkan terima kasihnya kepada PLN atas bantuan bedah rumah.


“Terima kasih kepada PLN atas bantuan bedah rumah ini semoga dapat kami manfaatkan dengan baik,” Ujar Gusnidar. (rel)