Prof. Nizam Motivasi Dosen untuk Penguatan Program WCU UNP -->

Adsense Atas-STIE AKBP

Prof. Nizam Motivasi Dosen untuk Penguatan Program WCU UNP

Kamis, 31 Maret 2022

 








.

Padang - Untuk melaksanakan Program world class university (WCU) di Universitas Negeri Padang (UNP), sivitas akademika UNP, diharapkan dapat memiliki motivasi yang kuat untuk menghasilkan gerakan-gerakan inovatif dalam bidang tridarma perguruan tinggi dalam rangka menuju universitas berkelas dunia.



Demikian disampaikan Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D. dalam sambutannya ketika membuka kegiatan Penguatan Program WCU UNP di Auditorium Kampus UNP Air Tawar Padang, Kamis (31/03/2022).


Pada kegiatan tersebut dihadiri Prof. Ir. Nizam, M.Sc. DIC., Ph.D., IPU., Asean Eng. Dirjen Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kemendikbud RI, pimpinan dan dosen UNP.


Rektor Prof. Ganefri, Ph.D juga menjelaskan, salah satu program yang segera diwujudkan dalam bidang staf pengajar adalah merekrut asisten dosen dari mahasiswa untuk dosen guru besar, dosen lektor kepala, doktor, dosen dengan tugas tambahan.

"Asisten dosen yang direkrut dari mahasiswa terbaik tersebut diharapkan dapat membantu dosen untuk meningkatkan pendidikan pengajaran, penelitian dan publikasi, serta kegiatan pengabdian kepada masyarakat," tambah Prof. Ganefri.

Hal yang penting sebutnya, juga upaya untuk pencapaian UNP sebagai universitas berkelas dunia, yakni menghasilkan lulusan yang kompetitif dan dapat bekerja dalam berbagai lapangan pekerjaan.

Pada kegiatan itu, Prof. Ir. Nizam, M.Sc. DIC., Ph.D., IPU., Asean Eng. Dirjen Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kemendikbud RI dalam pidatonya memberikan arahan kepada dosen dan sivitas akademika Universitas Negeri Padang dalam kegiatan penguatan Program WCU.

Sivitas akademika Universitas Negeri Padang harus memiliki motivasi yang kuat untuk pencapaian universitas berkelas dunia dan hal penting adalah semakin tinggi kualitas lulusannya dan lulusannya sama-sama bisa bekerja seperti lulusan universitas berkelas dunia tersebut. "Itu adalah esensi penting universitas berkelas dunia" tambah Prof. Nizam.

Selain itu, salah satu untuk penentu universitas berkelas dunia, adalah sebeberapa banyak pakar-pakar dunia berpartisipasi seperti mengajar atau kegiatan tridarma di perguruan tinggi tersebut dalam rangka memberikan inspirasi terhsdap universitas dimaksud.

"Hal lainnya sebagai penentu universitas berkelas dunia, adalah seberapa banyak mahasiswa dari berbagai negara yang berkuliah di universitas tersebut. "Untuk peningkatan jumlah mahasiswa dari berbagai negara tersebut bekerja sama dengan kedutaan besar dan bisa diberikan beasiswa uang kuliah untuk mahasiswa luar negeri tersebut," imbuhnya.

Upaya lain yang juga diperlukan, yakni penguatan penelitian dan publikasi sivitas akademika pada jurnal bereputasi internasional termasuk peningkatan jurnal sendiri minimal terakreditasi Sinta I yang sudah setara dengan jurnal bereputasi internasional.

Menurutnya, reputasi akademik secara internasional perlu ditingkatkan dalam universitas berkelas dunia tersebut seperti komunikasi dengan mitra internasional, mengikuti kegiatan akademik internasional, menyelenggarakan kegiatan akademik internasional, pengiriman duta kampus yakni dosen dan mahasiswa keluar negeri.

Selain itu tambah sebut Prof. Nizam, para dosen diharapkan meningkatkan kolaborasi internasional dengan berbagai perguruan tinggi internasional dalam penulisan artikel, berpartisipasi sebagai reviewer jurnal internasional, aktif dalam asosiasi keilmuan tingkat dunia. ( * )