Rakorda Baznas se-Sumatera Barat Ditutup Bupati Tanah Datar -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Rakorda Baznas se-Sumatera Barat Ditutup Bupati Tanah Datar

Kamis, 24 Maret 2022

Bupati Eka Putra menghadiri sekaligus menutup Rakorda Baznas se-Sumbar, di Emersia Hotel Batusangkar

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM menghadiri sekaligus menutup acara Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Badan Amil Zakat (Baznas) se-Sumatera Barat, yang diikuti Ketua dan sekretaris Basnaz Kabupaten/Kota, yang dilaksanakan di Emersia Hotel Batusangkar, Rabu (23/3/22) sore.


Bupati dalam sambutannya sampaikan, target perolehan 440 miliar rupiah yang ditetapkan oleh Baznas Republik Indonesia untuk Baznas se-Sumatera Barat, menurut Saya masih sangat kecil, malahan Saya akan usulkan untuk ditingkatkan lagi 200%.


Eka Putra katakan lagi, pencapaian target pendapatan zakat itu tergantung bagaimana pihak Baznas melakukan koordinasi dengan semua pihak, sehingga dukungan akan mengalir dan target sudah pasti dengan mudah akan tercapai.


"Saya pribadi sebagai Bupati siap mendukung Baznas Tanah Datar untuk memenuhi target pendapatan zakat, karena Saya yakin Baznas Tanah Datar bekerja dengan ikhlas, untuk membantu menyejahterakan masyarakat dengan berbagai programnya," ujar Eka Putra.


Ditambahkannya, upaya untuk meningkatkan pendapatan zakat telah dilakukan dengan maksimal, berbagai ajakan dan imbauan juga telah dilakukan agar masyarakat Tanah Datar, mau dan dapat menyalurkan zakat mereka melalui Baznas.


Bupati juga katakan, dengan banyaknya program Baznas Tanah Datar sehingga dirinya tidak bisa mengikuti semuanya. "Hari ini Saya sangat bangga sekali dengan para pejuang zakat yang ada di Tanah Datar, semoga semangat ini bisa menular ke Baznas lainnya yang ada di Sumatera Barat," ungkapnya.


Diakhir sambutannya Bupati juga mengatakan, bahwa pengumpulan zakat Baznas Tanah Datar pada tahun 2021 mencapai Rp.11 Milyar sementara targetnya hanya Rp.9 Milyar.


Sementara Ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah, menanggapi apa yang disampaikan oleh Bupati Tanah Datar mengatakan bahwa berdasarkan riset yang dilakukan oleh Baznas RI potensi zakat di kabupaten Tanah Datar mencapai Rp.29 Milyar. "Dari potensi tersebut, saat ini Rp.11 Milyar terkumpul di Baznas, sementara sisanya disalurkan sendiri oleh masing-masing muzaki," sampai Yasmansyah.


Sementara terkait dengan rencana Bupati, yang akan mengusulkan kepada Baznas RI untuk menaikkan target pengumpulan zakat sebanyak 200%, Yasmansyah mengatakan bahwa pihaknya Insya Allah bisa melakukan secara bertahap.


Pada penutupan Rakorda Baznas yang dihadiri Ketua Baznas Provinsi Sumatera Barat Dr. H. Bukhari M, Plt. Kepala Dinas Sosial H. Afrizon, Ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah sebagai tuan rumah, Pengurus Baznas Provinsi Sumatera Barat, dan undangan lainnya. (F12)