SDN Karangpawlang Fasilitasi Penuh Pendidikan Karakter, KKGA Pd.Pariaman Terpana -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

SDN Karangpawlang Fasilitasi Penuh Pendidikan Karakter, KKGA Pd.Pariaman Terpana

Senin, 21 Maret 2022
Rombongan Study Tiru KKGA Padang Pariaman di SDN 164 Karangpawlang, Lengkong Bandung, Senin 21 Maret 2022 (foto.dok.pntia)



Bandung - Kedatangan rombongan Kelompok Kerja Guru Agama (KKGA) Padang Pariaman yang melakukan Study Tiru ke Bandung yang dipimpin Plt Kabid Pembinaan SD Dinas Dikbud Arman, S.Pd disambut oleh Kepala SDN 164 Karangpawlang, Lengkong, Kota Bandung Hj.Lilis Siti Rahayu, S.Pd,MM, Senin (21/03/22).


Plt Kabid Pembinaan SD mengucapkan terimakasih serta mengapresiasikan atas penyambutan dan pelayanan kunjungan Study Tiru ini. Kunjungan Silaturrahim ke SDN 164 Karangpawlang ini didasarkan kepada kesuksesan dan prestasi yang diraih baik Daerah, Provinsi, Nasional dan Internasional.


"Termasuk pembiasaan keagamaan,pendidikan karakter. Juga penguatan literasi dan pendidikan ektrakuler di SDN 164 ini" kata Arman, Kasi Kurikulum dan Kesiswaan itu.


Berbagai kelebihan ini, sebut Arman, itulah yang akan ditiru untuk bisa diterapkan oleh anggota rombongan Guru Agama dari Padang Pariaman.


Sedangkan Ketua KKGA Marjongki mengatakan kegiatan Study Tiru merupakan salahsatu program dalam rangka peningkatan kompetensi guru agama. Terutama dalam penerapan pendidikan karakter dan ektrakurikuler yang termaktub dalam Kurikulum 2013.


Sementara itu, Kepala SDN 164 Karangpawlang Lilis Siti Rahayu mengucapkan selamat datang atas kunjungan rombongan dari Padang Pariaman di SDN Karangpawlang.


"Kedatangan rombongan Study Tiru dari Ranah Minang kali ini menjadi kebanggaan tersendiri buat kami untuk bekerja lebih bak lagi. Bahkan, menjadi kebahagian bagi kami tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, karena dalam suasana pandemi masih ada teman-teman seprofesi melakukan Study Tiru kesini" ungkap Kepsek Lilis.


Lilis Siti Rahayu yang mengaku akan pensiun tahun 2022 ini, juga mengekspos secara singkat tentang Sekolah yang dipimpinnya. SDN 164 Karangpawlang yang telah berkerjasama dengan Pemerintah Australia dan Korea Selatan untuk peningkatan mutu pendidikan itu, mempunyai 34 rombel dengan murid 1.024 orang yang ditangani tenaga pendidik sebanyak 57 orang.


SDN 164 berbagai prestasi diraih baik Tingkat Daerah, Provinsi, Nasional dan Internasional. Sehingga menjadi sasaran kunjungan dari berbagai daerah di Indonesia maupun dari luar negeri yang datang untuk melakukan Studi Tiru.


Kita di SDN 164 Karangpawlang, kata dia, mempunyai misi "Terwujud Sekolah yang unggul, agamis, literat, komunikatif, berkarakter yang berwawasan lingkungan tahun 2024". Untuk mewujudkan yang demikian, memang diperlukan Tim Kerja yang solid dengan penuh tanggung jawab dan disiplin serta rasa memiliki perkerjaan yang telah diemban. 


"Pada sisi pengembangan pendidikan agama islam yang dihandel secara teknis oleh 5 guru agama. Yakni program Jum'at Rohani (Juroh) seperti shalat Jum'at, shalat Dhuha, juga ada program one day one juz untuk Kelas VI. Kesemuanya di kelola secara terkoordinir sesama guru/Wali Kelas" ungkap Kepsek Lilis. 


Dalam pertemuan itu, juga dilakukan tanya jawab dan berbagi informasi, pun diakhiri bertukar cendra mata. Juga dilaksanakan pengamatan sarana dan prasarana pendukung pembelajaran Kurikulum 2013. Terutama berkenaan pendidikan agama.(saco)