Setia Utama; "Arsiparis SMK SMAK Padang Terbaik" -->

Iklan Atas

Setia Utama; "Arsiparis SMK SMAK Padang Terbaik"

Kamis, 24 Maret 2022

 

.


PADANG - SMK SMAK Padang mendapat kehormatan untuk memakai tempat penyelenggarakan kegiatan Arsiparis dari Kementerian Perindustrian tentang Audit Pengawasan Kearsipan Internal. 


Kegitan ini diperuntukkan bagi arsiparis dan pengelola arsip Satuan Kerja (SATKER) yang ada di Kota Padang dibuka secara langsung oleh Kepala SMK SMAK Padang Nasir diruang rapat SMK SMAK Padang Rabu, (23 Maret 2022). 


Dalam sambutannya Nasir mengatakan, arsiparis adalah seorang ASN yang memiliki kompetensi di bidang kearsipan yang diperoleh melalui pendidikan formal disertai dengan pelatihan kearsipan. Disamping itu mempunyai  tugas serta tanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan kearsipan. Seorang arsiparis harus mampu menjalankan perannya dengan baik sehingga dapat meningkatkan kinerja di instansi atau lembaga tempat dia bertugas. 


Lebih lanjut dikatakan Nasir, seseorang yang berprofesi sebagai arsiparis membutuhkan sebuah karakter pribadi yang kuat, dan harus bertanggung jawab mengelola kearsipan, selain itu harus mampu melaksanakan perannya sebagai arsiparis dengan semangat integritas yang tinggi dan penuh tanggung jawab. 


Pada kesempatan yang sama, Setia Utama  menjabat sebagai Arsiparis Ahli Utama di Kementerian Perindustrian menjelaskan arti penting sebuah arsip disetiap lembaga pemerintahan dan implementasi pengawasan kearsipan. Arsip merupakan pusat ingatan setiap organisasi pemerintahan, apabila arsip yang dimiliki kurang baik pengelolaannya, maka akibatnya akan mempengaruhi tingkat reputasi suatu organisasi tersebut. Sehingga organisasi yang bersangkutan akan mengalami hambatan dalam pencapaian tujuan. 


"Ia menambahkan, arsip mempunyai arti yang sangat penting, yaitu untuk menyusun rencana program kegiatan berikutnya, Arsip dapat diketahui bebagai bermacam informasi yang sudah dimiliki, sehinggga dapat ditentukan sasaran yang akan dicapai, dengan menggunakan potensi yang ada secara maksimal. 


Selanjutnya, Setia Utama yang juga pernah menjabat cukup lama berkecimpung di pusat data Kemenperin (Pusdatin) dan Kepala Biro Humas Kemenperin sambil mengakui. Setelah dilakuan survey di lima unit satuan kerja Kementrian Perindustrian di Kota Padang dilihat dari hasil penilaian bahwa arsiparis SMK SMAK Padang sangat baik, bahkan nilainya mencukupi sebagai unit yang melaksanakan secara benar administrasi yang ada hubungan dengan data penting yang terarsipkan. 


Selanjutnya Setia Utama juga menaruh harapan dalam hal ini kepada Kementrian Perindustrian terkait dengan SMK SMAK Padang belum mempunyai Fungsional Arsiparis. Dengan dasar penilaian tadi akan diusulkan kepada kepala Biro kepegawaian Kementrian Perindustrian untuk dipersiapkan  fungsional arsiparis  di SMK SMAK Padang, sehingga kegiatan kearsipan di SMK SMAK Padang akan jauh lebih baik dan semangkin baik demi kepentingan pengarsipan di SMK SMAK  Padang ujar Setia Utama.

Usai Audit dan pengawasan arsiparis SMK SMAK Padang dalam penyelenggaraan tersebut turut dihadiri oleh pengelola arsiparis Kemenperin wilayah Padang Sumatera Barat (Sumbar) yakni dari  Baristan Pqdang, Politeknik ATI Padang,SMK SMTI Padang dan BDI Padang. (rel)