Tingkatkan SDM Dunia Pendidikan Agam Lounching CAKAP -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Tingkatkan SDM Dunia Pendidikan Agam Lounching CAKAP

Kamis, 31 Maret 2022

Dr. H. Andri Warman. MM

 Lubuk Basung, fajarsumbar. com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam terus memacu diri dalam mempersiapkan  Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mempercepat Agam yang makin maju. 


Melalui dunia pendidikan, pemerintah Kabupaten Agam meluncurkan motto  pendidikan bertajuk Cerdas, Aktif, Kreatif, Agamais, Perilaku sesuai nilai adat dan budaya  (CAKAP)


Dengan CAKAP, Pemkab Agam optimis mampu meningkatkan SDM masyarakat dengan menghadirkan pendidikan berkualitas di daerah yang banyak melahirkan tokoh nasional itu.


Hal tersebut disampaikan Dr. H. Andri Warman, MM saat peluncuran motto pendidikan Agam CAKAP pada Kamis (31/3) mengatakan, Kabupaten Agam yang lebih maju hanya bisa terwujud jika taraf pendidikan masyarakat sudah terangkat.    


"Untuk itu pemerintah daerah saat ini tengah konsen di bidang pendidikan ini, mulai pendidikan agama, adat dan budaya, Bahasa Inggris dan sebagainya melalui sejumlah program unggulan," ujarnya.


Menurutnya, motto pendidikan Agam CAKAP sangat fundamental dalam upaya peningkatan mutu dan kualitas pendidikan. CAKAP juga merupakan upaya pelestarian nilai-nilai adat dan budaya salingka nagari.


"Motto pendidikan ini bertujuan untuk menyamakan presepsi kita terhadap pelaksanaan pendidikan di Kabupaten Agam dalam rangka menyiapkan generasi penerus yang berkualitas," terangnya.


Lebih lanjut dijelaskan, progran unggulan yang berkaitan langsung dengan pendidikan yang telah dilalukan antara lain pemberian biaya hidup bagi mahasiswa berprestasi, pendirian pondok tahfidz di nagari-nagari serta pelestarian dan aktualisasi adat budaya.  


"Kita menginginkan kecerdasan generasi penerus Agam yang diiringi dengan kecerdasaan agama dan adat serta budaya," ucapnya. 


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam, Drs. Isra, M.Pd menambahkan, motto pendidikan Agam CAKAP diharapkan terciptanya keterpaduan semua pihak dalam penyelenggaraan pendidikan.


"Pengimplementasian motto ini nantinya akan dipilih beberapa sekolah sebagai piloting Agam CAKAP. Semoga dengan diluncurkannya motto ini bisa memotivasi semua pihak sesuai peran dan fungsi masing-masing," ujarnya. (Yanto)