Wabup Richi Aprian, Inacraft Peluang Investasi Bagi Daerah -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Wabup Richi Aprian, Inacraft Peluang Investasi Bagi Daerah

Senin, 28 Maret 2022

Wabup Richi Aprian saat melihat bhoot pameran di JCC Jakarta


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Wakil Bupati (Wabup) Tanah Datar Richi Aprian, SH, MH bersama Ketua Dekranasda Ny. Lise Eka Putra, Ketua GOW Tanah Datar Ny. Patty Richi Aprian, dan Kabid Industri Diskoperindag Wilda Anas, mengunjungi Booth Pameran Tanah Datar di Hall B Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Minggu (27/03/22).


Wabup sampaikan, keikutsertaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan berbagai aneka kerajinan Tanah Datar, pada ajang pameran bertajuk Inacraft ini, merupakan sebuah peluang investasi bagi daerah maupun pengrajin dan pengusaha, yang bergelut dibidang kerajinan tersebut.


"Inacraft merupakan sebuah pameran yang tidak saja bergengsi, tapi juga secara tidak langsung ikut menggerakkan perekonomian Indonesia. Dari waktu kewaktu Inacraft menjadi salah satu primadona bagi para perajin atau pengusaha kriya, bahkan sangat ditunggu-tunggu oleh para buyers atau peminat handicraft dari mancanegara. Pameran ini berdampak naiknya nilai ekspor kerajinan tangan Indonesia tak terkecuali kerajinan asal Tanah Datar, sehingga ini menjadi peluang besar bagi daerah," sampai Richi Aprian. 


Wabup tambahkan, ini peluang bagi kita Kabupaten Tanah Datar untuk memperkenalkan handicraft atau hasil kerajinan tangan daerah kita, secara lebih luas baik nasional maupun internasional dan begitu juga dengan pariwisata yang bisa dijual di sini. 


"Setelah melihat langsung acara ini yang selalu ramai pengunjung dan buyers itu, Ia yakin akan dapat mengangkat UMKM daerah lebih berdaya saing di dunia internasional dan berharap agar kedepan jika ikut pameran atau inacraft ini lebih dikoordinir oleh pemerintah provinsi sehingga dalam satu kesatuan yang gampang dicari pencinta kerajinan dari Sumatera Barat," harap Wabup. 


Hal senada juga disampaikan Ketua Dekranasda Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, agar Booth Pameran bisa disatukan dengan Kabupaten dan Kota lain yang dikoordinir Pemprov Sumbar, dengan tajuk dimisalkan kampung minang dan sebagainya, sehingga lebih mudah dicari konsumen.


“Setelah beberapa hari pameran yang saya ikuti dan amati ternyata antusias masyarakat ibu kota Jakarta dan juga luar negeri cukup tinggi, ternyata Inacraft ini sesuatu yang ditunggu, semua kerajinan daerah ada di sini,” ucapnya.


Dikatakan Ny. Lise Eka Putra selaku ketua Dekranasda Tanah Datar, ini sangat bagus, peluang besar, tinggal UMKM yang berkolaborasi dengan pemerintah daerah mampu mengambil peluang itu dengan baik, dan ini menjadi PR bersama untuk terus memperbaiki ke depannya.


"Semoga ini menjadi penyemangat bagi UMKM kita dengan banyaknya product kita diminati, tinggal kita bagaimana berkreasi dan berinovasi, serta terus belajar meningkatkan kemampuan menciptakan produk, sehingga terus bervariasi produk yang dihasilkan," ujar Lise. 


Dikesempatan yang sama Helmi Yahya publik figur yang dikenal sebagai artis dan pernah memimpin LPP TVRI, saat berkunjung ke stand pameran turut mempromosikan Tanah Datar kepada pengunjung lain, terkhusus pesona Danau Singkarak, yang mana itu juga merupakan kampung isterinya. (F12)