Awal Ramadhan Terjadi Dua Kebakaran Hebat di Payakumbuh, Kerugian Ratusan Juta Rupiah -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Awal Ramadhan Terjadi Dua Kebakaran Hebat di Payakumbuh, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Sabtu, 02 April 2022
ilustrasi


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Di awal bulan April sekaligus jelang memasuki bulan Ramadhan, Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh berjibaku dengan dua kejadian kebakaran pada Jumat (1/4) malam.


Kebakaran pertama terjadi pada pukul 20.00 WIB di Bukit Kuburan Cino Kelurahan Padang Karambia, Kecamatan Payakumbuh Selatan. 


"Kami menerima laporan dari warga, kalau ada kebakaran lahan di Bukit Kuburan Cino. Kami mengirimkan 2 unit armada dan Personil ke lokasi untuk melakukan pemadaman. Penyebab kebakaran belum diketahui," kata Kabid Damkar Budi Kurniawan kepada media saat didampingi Kasi Ops Eci dan Danton Indra Jaya.


Sementara itu, kabakaran kedua terjadi pada pukul 23.10 WIB di Jalan Panglima Polim Kelurahan Padang Tangah Payobadar, Kecamatan Payakumbuh Timur. Satu unit rumah gadang yang berdampingan dengan rumah permanen milik Yulinar (67) terbakar hebat.


"Anggota Damkar Kota Payakumbuh bahu-membahu bersama Damkar Kabupaten Limapuluh Kota untuk melakukan pemadaman, api cukup besar sehingga pemadaman dan pendinginan berlangsung sekitar 2 jam," terang Budi yang memimpin proses pemadaman hingga pukul 01.00 WIB dini hari itu.


Budi juga menerangkan kalau penyebab api di rumah Yulinar masih dalam penyidikan oleh pihak berwajib. Beruntung dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa, pemilik rumah juga tidak bisa menyelamatkan isi rumah karena api cepat membesar disebabkan material rumah gadang dari kayu sehingga kerugian materil diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.


Pemadaman yang penuh perjuangan itu juga disaksikan oleh tokoh masyarakat setempat dan anggota DPRD dari Fraksi PPP, Edward DF.


Warga bisa meminta bantuan damkar untuk penyelamatan jiwa, atau evakuasi hewan berbisa dan berbahaya seperti tawon, biawak, ular, dan hewan lainnya dengan menghubungi quick response Pemadam Kebakaran di nomor 0752-92913. (Ul)