Baznas Pessel Targetkan Rp10,7 Miliar pada 2022 -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Baznas Pessel Targetkan Rp10,7 Miliar pada 2022

Sabtu, 09 April 2022
Baznas Pessel serahkan bantuan dana untuk bedah rumah warga beberapa waktu lalu. (dok. info publik)


Pessel - Ketua Baznas Pesisir Selatan , Yose Leonando mengatakan tahun ini pihaknya menargetkan pengumpulan dana yang berasal dari zakat Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan berbagai zakat umat lainnya sebesar Rp10,7 miliar.


Target itu sesuai dengan Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) 2021. Lebih lanjut Yose menyampaikan dana yang ada di Baznas itu nantinya akan dimanfaatkan dengan sejumlah program yang telah ditetapkan.


Diantaranya, program Pessel Cerdas, Peduli, Sehat, Sejahtera serta bantuan dakwah dan advokasi yang dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan keagamaan.


Bantuan program Pessel Cerdas kata dia diperuntukkan untuk membantu siswa dan mahasiswa di perguruan tinggi. Totalnya untuk tahun 2022 ini sebanyak 1200 orang yang terdiri dari siswa SD, SLTP, SLTA hingga mahasiswa S1 dan S2.


Selanjutnya, untuk program Pessel Peduli yang dipergunakan untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana alam, rumah tidak layak huni, jumlahnya sebanyak 150 unit dengan nilai Rp20 juta per unit.


Kemudian Pessel Sehat, yang dipergunakan untuk membantu masyarakat miskin yang sedang sakit atau butuh biaya pengobatan dengan bantuan per orang mulai dari Rp1 juta hingga Rp1,5 juta.


"Khusus untuk bantuan biaya pengobatan ini, kita jumlah penerimanya tidak ditetapkan, sepanjang dana Baznas masih ada, maka akan selalu kita salurkan," ucapnya.


Berikutnya, program Pessel Sejahtera, yang digunakan untuk UMKM, dan pemberdayaan umat, yaitu sebanyak 150 orang dengan total bantuan Rp5 juta.


Setelah itu, ada pula bantuan dakwah dan advokasi yang dipergunakan untuk kegiatan keagamaan seperti MTQ, kegiatan-kegiatan islam lainnya sekitar Rp400 juta.


Lalu, ada dana operasional yang digunakan untuk hak amil nilainya Rp1,2 miliar.(*/wandi)