BPJS Mudahkan Peserta Nunggak Iuran 2 Tahun Dengan Cicilan -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

BPJS Mudahkan Peserta Nunggak Iuran 2 Tahun Dengan Cicilan

Selasa, 26 April 2022
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com --- Dalam sebuah pertemuan singkat jelang berbuka puasa, Kepala Cabang BPJS Payakumbuh, Febry Yanti diwakili Kabid SDM Umum dan Komunikasi Publik, Indra Jaya kepada awak media menjelaskan bahwa BPJS kesehatan luncurkan program terbaru untuk kemudahan dan meringankan beban peserta BPJS yang mengalami penunggakan iuran BPJS mandiri. Program REHAB diberi nama. Atau Rencana Pembayaran Bertahap.


"Kita pahami kondisi sebagian peserta BPJS segmen mandiri ada yang mengalami penunggakan pembayaran iuran. Bahkan ada yang menunggak sampai 6 tahun. Disini BPJS membuat program REHAB untuk saling meringankan. Peserta yang menunggak mulai dari 4 bulan sampai dengan 2 tahun dapat mencicil tunggakannya,"terang Indra Jaya, Senin(25/04/2022) sore di Balai Wartawan Luak Limopuluah. 


"Nunggak satu peserta saja, sudah membebani, apalagi satu keluarga. Sasaran untuk program ini adalah peserta segmen PBPU dan BP. Peserta dapat melakukan pembayaran iuran secara bertahap. Dengan mendaftar melalui Aplikasi Mobile JKN dan / atau BPJS Kesehatan Call Centre 165,. Pada aplikasi Mobile JKN terdapat menu  Rencana Pembayaran Bertahap. Akan tampil simulasi tagihan yang dapat dipilih peserta JKN-KIS. Jangan lupa cantumkan nomor hp dan email,"terang Indra Jaya, lagi. 


Dengan maksimal periode tahapan pembayaran selama 1 siklus program adalah 12 bulan. Nanti, status kepesertaan akan kembali aktif setelah tunggakan dan iuran kembali dibayar, bisa melalui autodebet, maupun kanal-kanal yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan,"imbuhnya. 


Diakui Indra Jaya, bahwa sangat banyak peserta BPJS kesehatan yang sedang mengalami tunggakan pembayaran. Tentunya, dengan hadirnya program ini, BPJS dengan azas gotong royong ini bisa membantu peserta  khususnya dimasa pandemi. 


Kesempatan itu, pihak BPJS Payakumbuh juga menyediakan waktu untuk para awak media untuk tanya jawab terkait BPJS dan produknya.


Selanjutnya, usai melakukan sosialisasi. Pihak BPJS dan awak media Balai Wartawan Luak Limopuluah melaksanakan berbagi 600 paket takjil gratis untuk warga yang dipusatkan di depan kantor pos Payakumbuh. Kegiatan ditutup dengan buka bersama.(Ul)