Brand MTsN 2 Pd.Pariaman, Wisuda Tahfidz Siswa Melalui Program Mukhayyam -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Brand MTsN 2 Pd.Pariaman, Wisuda Tahfidz Siswa Melalui Program Mukhayyam

Sabtu, 23 April 2022
MTsN 2 Padang Pariaman selenggarakan Wisuda Tahfidz Siswa melalui Program Mukhayyam Al-Qur'an, Sabtu 23 April 2022 (foto.dok.AL)


Pauh Kambar - Serahkanlah anak-anak kita ke sekolah agama. Insyaallah, mereka akan menjadi anak yang sholeh dan mendoakan kita selalu. Doa anak yang shaleh ini yang akan menyelamatkan kita di akhirat kelak. 


Hal itu ditegaskan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabuaten Padang Pariaman Syafrizal dalam kata sambutannya ketika menghadiri Wisuda Tahfidz Al-Quran melalui Program Mukhayyam Al-Qur'an MTsN 2 Padang Paeiaman di Kampus Rimbo Dulang-Dulang, Pauh Kambar, Nan Sabaris, Sabtu (24/04/22).


Ia mengatakan, saya berangkat dari latar belakang agama. Anak-anak saya juga diserahkan ke sekolah agama. Untuk itu, janganlah ragu dan bimbing menyerahkan anak ke Madrasah. Karena, Madrasah Hebat, dan Hebat Madrasah yang didik dengan ilmu agama dibarengi ilmu umum. Juga ditambah dengan program Tahfidz Al-Quran. 


"Program Sabhan Mubarak berlanjut kepada Program Mukhayyam dari Kepala MTsN 2 Padang Pariaman Zaitul Makmur ini, diterima baik dan dapat dukungan penuh dari berbagai pihak. Ia memiliki inovasi-inovasi yang tingkat tinggi mobilitasinya. Sehingga MTsN 2 lebih maju ketimbang Madrasah lainnya di Padang Pariaman" ucap Kepala Kankemenag memberikan motivasi. 


Kepala MTsN Zaitul Makmur menyebutkan, rejeki anak-anak peserta Mukhayyam yang tergolong hafiz dan hafizah ini, sangat banyak mengalir dari pintu-pintu yang tidak terduga.


Hal demikian, kata Zaitul Makmur, terbukti dengan banyaknya para walimurid dan warga yang mensupport program ini. Bahkan, memberikan takjil untuk berbuka bagi anak-anak hafiz di Masjid-Masjid yang dikunjungi untuk wisata tahfiz.


"Kita melihat tingginya semangat anak-anak dalam menghafal di sekolah, juga memunculkan ide kreatif mereka. Makanya, kita membawa anak-anak berwisata di alam dan masjid-masjid terdekat untuk merefresh suasana untuk menghafal al-Qur’an" terang Zaitul Makmur yang juga putera Nan Sabaris itu. 


Ia mengemukakan, adapun Masjid yang kami kunjungi dan dipakai untuk kegiatan Mukhayyam, diantaranya Masjid Raya Kabun Pauh Kambar, Masjid Baburrahman dan Masjid Berkah di Sintuk Toboh Gadang, Surau Diaro di Lantak Mingkudu dan Talao Park Pariaman.


Hasilnya cukup menggembirakan, kata Zaitul Makmur, anak-anak merasa senang dan nyaman serta tingkat stressing dalam menghafalpun bisa diminimalisir. Hal ini terbukti dengan target Mukhayyam 5-7 Juz dalam 18 hari tercapai. Bahkan, ada yang mendekati 12 Juz. Yulianis peserta terbaik I dari kelas VII Satu, sudah menuntaskan juz 12. Juga dengan anak Kepala sekolah sendiri Afdhaluzzikri peserta terbaik II grup Soleh dari kelas VII 4 mencapai 6 juz. 



"Ini adalah brand sekolah kami untuk menciptakan daya tarik orang tua untuk menyerahkan anak-anak mereka di MTsN 2 Padang Pariaman. Terima kasih kepada para orang tua Siswa yang telah mempercayakan anaknya di Madrasah" sebut dia terharu. 


Zaitul Makmur menambahkan, terima kasih pada donatur yang tidak dapat disebutkan satu persatu. Mereka telah menyokong terselenggaranya acara Mukhayyam ini. Juga, terima kasih yang tak terhingga kepada Ketua Tim Pembimbing Program Tahfiz Mukhayyam Fajri Yanuar, S.Hi.


Kemudian, para ustaz-ustaz Mukhayyam telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran selama program ini berlangsung. Semoga lelah para ustaz menjadi lillah dan diberi ganjaran yang berlipat ganda oleh Allah di bulan puasa Ramadhan ini, ucap Zaitul. 


Peserta Mukhayyam Tahap I, ungkap Zaitul Makmur, berjumlah 28 orang ini akan mendapat sertifikat dan al-Qur’an untuk motivasi dalam menghafal al-Quran nantinya.


Acara penutupan Wisuda Mukhayyam di akhiri dengan Pemasangan Mahkota dari santri kepada orang tua. Juga, berlanjut berbuka bersama dengan orang tua beserta guru dan pejabat Kankemenag. Tak lupa pula ada doorprize dari Kepala Kankemenag Syafrizal, teruntuk 5 orang peserta yang bisa menjawab soal sambung ayat yang dibacakan oleh beliau. 


Progran Mukhayyam merupakan lanjutan dari Sabhan Mubarak yang juga sebagai program unggulan MTsN 2 Padang Pariaman dalam mencetak generasi hafiz dan pencinta al-Qur’an. Kegiatan Sabhan Mubarak pada pagi hari, sebelum memulai pelajaran.


Durasi waktunya antara jam 06.15 s/d 07.15 pagi. Siswa yang mengikuti Sabhan Mubarak berjumlah seratus lebih. Yang terdiri dari kelas VII, VIII dan IX. Untuk lebih meningkatkan hafalan mereka di bulan Ramadhan, maka program lanjutan diadakanlah kamp konsentrasi penghafal Al-Qur’an selama 18 hari yang dinamakan dengan Mukhayyam Al-Qur’an. 


Program ini diselenggarakan atas ide dari Ketua Program Sabhan Mubarak Dian Yulviani, S, S.Tp, M.Si yang merupakan Walimurid Kelas VII dan VIII. Ide genius ini, diterima baik dan didukung penuh oleh Kepala MTsN 2 Padang Pariaman Zaitul Makmur.


Kegiatan penutupan Program Tahfidz Mukhayyam dihadiri Kasi Penmad Suhendrizal, Komite Madrasah serta orangtua siswa yang masuk Program Mukhayyam dan Majelis Guru juga tenaga kependidikan MTsN 2 Padang Pariaman. (AL/c09).