Bupati Agam Dukung Nagari Bayua Menjadi Yang Terbaik Setelah Masuk 7 besar Nominator Lomba Desa Pangan Aman Tinggkat Nasional -->

Adsense Atas-STIE AKBP

Bupati Agam Dukung Nagari Bayua Menjadi Yang Terbaik Setelah Masuk 7 besar Nominator Lomba Desa Pangan Aman Tinggkat Nasional

Selasa, 19 April 2022

 

Ini suatu kebanggaan bagi kita, karena Bayua bisa bersaing di tingkat nasional. Semoga bisa menjadi yang terbaik.

Agam, fajarsumbar. com -Kecamatan Tanjung Raya beserta nagari - nagari selingkar Danau Maninjau tidak hanya tekenal dengan keelokan alamnya, serta budaya lokal yang masih kental ditengah masyarakat, Namun juga masing - masing nagari mempunyai kelebihan dan keunggulanya.


Seperti hal yang terbaru, Nagari Bayua, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, lolos nominasi tujuh besar lomba Desa Pangan Aman tingkat nasional.


Penetapan 7 besar nominator ini telah melewati berbagai tahapan mulai dari seleksi proposal lomba desa pangan aman, seleksi wawancara bersama 7 (tujuh) Kementrian/Lembaga yaitu Kemenko PMK, Kemendagri, Kemendesa, Kementan, Kemenparekraf, BKKBN dan BPOM. Saat ini, Nagari Bayua akan menghadapi seleksi tahap akhir yaitu verifikasi lapangan dilaksanakan hari ini.


Masuknya Nagari Bayua 7 besar nominator Desa Pangan Aman tingkat nasional memberikan kebanggaan tersendiri bagi kita, bahwasanya Nagari Bayua mampu masuk nominasi tujuh besar lomba desa pangan aman ini. Kata Bupati Agam Agam, Dr. H. Andri Warman saat menghadiri verifikasi lapangan ke nagari Bayua it, Selasa (19/4).


“Ini suatu kebanggaan bagi kita, karena Bayua bisa bersaing di tingkat nasional. Semoga bisa menjadi yang terbaik ,” ucapnya



Lebih lanjut Bupati berharap, dengan adanya program ini bisa meningkatkan derajat kesehatan, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.


“Semoga pangan yang dikonsumsi di Bayua betul-betul aman dan terbebas dari cemaran yang dapat merugikan kesehatan.


Dan tentu juga harapan kita semoga Nagari Bayua dapat menjadi yang terbaik pada  Lomba Desa Pangan Aman tingkat Nasional sehingga menjadi nagari percontohan implementasi keamanan pangan dengan terus melakukan inovasi-inovasi keamanan pangan." ucapnya.


Sementara itu Direktur PMPUPO BPOM RI, Ruki Fanaike menyebutkan, verifikasi ini kelanjutan dari berbagai seleksi yang telah dilakukan beberapa waktu lalu seperti seleksi dokumen dan wawancara.


“Hari ini kita lakukan verifikasi lapangan terhadap industri rumah tangga, mengunjungi ritel, warung dan komunitas lainnya, untuk melihat apakah keamanan pangan dilakukan sesuai yang kita intervensi,” ujarnya.


Tidak hanya itu, tim nanti juga akan mewawancarai wali nagari seputaran kesehatan di Bayua, terutama berkaitan stunting.


“Kita harap verifikasi ini berjalan lancar dan mendapatkan hasil maksimal, serta bisa melakukan pengembangan lebih baik ke depan,” ucapnya.


Ruki Fanaike berharap pemerintah daerah, nagari dan masyarakat dapat mengimplementasikan pangan aman secara berkelanjutan.


Verifikasi lapangan ini, dihadiri Ketua TP-PKK Agam, Ny. Yennita Andri Warman dan Sekretaris PKK Agam, Ny. El Edi Busti beserta jajaran pengurus, Asisten II Setdakab Agam, Jetson, beberapa pimpinan OPD, camat dan wali nagari se-Tanjung Raya. (*/Yanto)