Bupati Pessel tak Elergi Dikritik -->

Adsense Atas-STIE AKBP

Bupati Pessel tak Elergi Dikritik

Kamis, 07 April 2022
Rusma Yul Anwar


Pessel - Bupati Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat Rusma Yul Anwar menyampaikan agar masyarakat tidak sungkan mengritik kinerja pemerintah melaksanakan pembangunan. 


Pelaksanaan roda pemerintahan perlu adanya pengawalan dari semua pihak, utamanya masyarakat agar pembangunan bisa berjalan baik sesuai harapan dan kebutuhan daerah. 


"Karena kami pemerintah tentu juga punya khlilaf, sehingga butuh kritik dan masukan yang sifatnya membangun," ujar bupati di sela-sela Syafari Ramadhan di Kecamatan Pancung Soal. 


Syafari Ramadhan diikuti sejumlah kepala perangkat daerah dan kepala bagian di lingkup pemeintahan kabuoaten. Pimpinan Cabang Bank Nagari Helfi Yandrika dan Kepala BPS Yudi Yos Elvin. 


Camat Pancung Soal Syafrizal beserta Ninik Mamak, Tokoh Pemuda, Cerdik Pandai , Alim Ulama, Bundo Kandung, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) dan masyarakat setempat. 


Menurut bupati kritik dan masukan itu merupakan salah satu bentuk partisipasi dan keiukut sertaan semua pihak, utamanya masyarakat dalam melaksanakan pembangunan. 


Pemerintah kabupaten sangat menyadari tidak bisa melaksanakan pembangunan sendiri. Tanpa keterlibatan dan dukungan penuh dari masyarakat pembangunan tidak akan berjalan sempurna. 


"Jadi, kami minta jangan takut mengritik kerja pemerintah jika memang itu tidak sesuai dengan ketentuan, sehingga tujuan pembangunan daerah tercapai sempurna," terang bupati. 


Bupati menyampaikan beban pembangunan kini semakin berat dan kompleks, apalagi keuangan negara cukup besar tersedot untuk percepatan penanganam pandemi COVID-19 yang kini masih belum usai. 


Kondisi itu sangat berpengaruh terhadap kinerja pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan di daerah, karena hingga kini masih pemangkasan keuangan dari pemerintah pusat masih terus terjadi. 


Karena itu bupati berharap agar pandemi COVID-19 cepat berlalu agar transfer dana dari pemerintah pusat ke daerah kembali normal, sehingga segala bengkalai pembangunan bisa dikebut. 


Meski demikian sepanjang 2021 kinerja pertumbuhan ekonomi Pesisir Selatan mampu tumbuh positif di tengah terpaan badai pandemi. Kinerja Pendapatan Asli Daerah (PAD) pun tercapai di atas target. 


"Ini tentu patut kita syukuri, bahkan pada periode tersebut perekonomian Pesisir Selatan tercatat di atas rata-rata laju pertumbuhan provinsi," sebut bupati.(*/wandi)