Dukung Digitalisasi Keluarga Miskin Terima Set Top Box Gratis -->

Iklan Atas

Dukung Digitalisasi Keluarga Miskin Terima Set Top Box Gratis

Selasa, 05 April 2022
Siaran televisi analog pindah ke degital. Keluarga miskin terima Set Top Bok (STB) gratis.


Padang Panjang, fajarsumbar.com -Mendukung program pemerintah tentang berakhirnya siaran televisi analog (analog switch off/ASO) atau migrasi dari siaran televisi analog ke siaran televisi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bekerja sama dengan Trans Media menyalurkan Set Top Box (STB) gratis bagi warga kurang mampu yang ada di Kelurahan Tanah Pak Lambik, Kecamatan Padang Panjang Timur, Selasa (5/4).


"Pendistribusian STB  ini dibagikan secara door to door oleh PT Pos Indonesia. Mengenai lingkup kerja dari pendistribusian STB ini, meliputi verifikasi data penerima, verifikasi kepemilikan TV analog, penyerahan STB, dan instalasi STB," kata Supervisor Operasi Kantor Pos Cabang Padang Panjang, Dody Kurniawan ketika penyaluran bantuan STB.


Dengan  STB gratis itu, masyarakat yang memiliki TV analog tidak perlu mengganti memasang televisi baru. Cukup piranti saja, agar masyarakat tetap menikmati siaran TV digital. 


“Penyediaan STB sebagai upaya mendukung migrasi dari TV analog ke TV digital akan berlangsung secara bertahap. Terhitung dari April sampai November 2022 mendatang,” jelasnya. 


Untuk Padang Panjang, sesuai data, ada 248 masyarakat kurang mampu yang terbagi di empat kelurahan sebagai penerima bantuan STB. Yaitu 60 RTM di Kelurahan Ngalau, 92 RTM di Kelurahan Koto Panjang, 67 RTM di Kelurahan Sigando serta 29 RTM di Kelurahan Koto Katik. 


Salah satu warga penerima STB di RT 3 TPL, Fuji Yastuti (50) merasa senang karena dapat menyaksikan siaran televisi dengan kualitas yang jauh lebih baik.


"Saya senang, tidak mengira dapat alat ini. Selama ini hanya bisa nonton satu stasiun TV saja. Dulu nonton TV banyak semutnya. Sekarang sudah terang (jernih)," kata Fuji.



Program STB Gratis untuk Rumah Tangga Miskin (RTM) merupakan program dari pemerintah melalui Kemkominfo. Pos Indonesia dipercaya sebagai pihak yang mendistribusikan bantuan STB gratis kepada RTM.


STB atau decoder adalah perangkat yang berfungsi untuk mengubah sinyal yang diterima dari satelit, kabel, ataupun internet ke dalam format analog agar siaran TV digital dapat ditampilkan ke layar TV analog. Rumah tangga miskin akan menerima STB TV digital gratis mulai 15 Maret hingga 30 April 2022. (syam)