FJKIP Padang Panjang Dikukuhkan -->

Iklan Atas

FJKIP Padang Panjang Dikukuhkan

Jumat, 01 April 2022
Penyerahan pataka FJIKP kepada Alfian, Yn Ketua FJIKP Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com  Kepengurusan Forum Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (FJKIP) Kota Padang Panjang dikukuhkan. Organisasi yang diperkuat 55  wartawan dari berbagai media ini, dilantik di auditorium Mifan Waterpark, Kamis (31/3) oleh Ketua FJKIP Sumatra Barat, Gusriyono. 


Walikota Padang Panjang, Fadly Amran yang turut menyaksikan pelantikan ini, mengucapkan selamat kepada pengurus FJKIP yang dikukuhkan. Ia berharap dengan adanya FJKIP ini, keterbukaan informasi yang transparan di Padang Panjang lebih baik lagi. 


"Transparansi menjadi salah satu obat mutakhir dari permasalahan bangsa dan negara ini. Jika informasi tersebut tidak terbuka, akan banyak terjadi kegaduhan, pola kerja akan hancur. Kepada FJKIP, tetaplah eksis dalam menjaga keterbukaan publik," ujar Wako Fadly. 


Sementara Gusriyono mengatakan, dari FJKIP yang sudah terbentuk di Sumbar, Padang Panjang merupakan daerah ketiga yang melakukannya, dengan kepengurusan terbanyak dan terbesar di Sumbar. 


"FJKIP Padang Panjang ini merupakan kepengurusan terbesar dan terbanyak yang ada di Sumbar. Kita berharap dengan hadirnya FJKIP ini, predikat Kota Informatif yang disandang Padang Panjang, bisa semakin meningkat," ujarnya. 


FJKIP merupakan wadah tempat berkumpulnya para jurnalis yang fokus terhadap keterbukaan informasi publik. Dengan itu diharapkan dukungan dari pemko untuk bisa saling bekerja sama dan berkolaborasi dalam meningkatkan keterbukaan informasi publik. 


Kepengurusan FJKIP diketuai Alfian Yn, Wakil Ketua Ellefwirnofri, Sekretaris Rifnaldi, Bendahara Syafri Yanto. Dengan delapan bidang, di antaranya, Bidang Pendidikan, Sosialisasi, Advokasi, Litbang, Pemberdayaan Perempuan, Keagamaan, Sumbar Daya Manusia dan Kelembagaan. 


Ketua Komisi Informasi Sumbar, Nofal Wiska, S.IP mengucapkan selamat atas pengukuhan FJKIP Padang Panjang. Ia berharap ini bisa memberikan kontribusi positif bagi perkembangan keterbukaan informasi publik di Kota Padang Panjang. 


"Ini merupakan tugas berat dan tanggung jawab bagi FJKIP. Bagaimana menyukseskan program-program dan menyadarkan para birokrat, serta masyarakat di Kota Padang Panjang dalam hal keterbukaan informasi," tuturnya. 


Turut hadir Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdako, Martoni, S.Sos, M.Si, Forkopimda, kepala OPD, kepala BUMN dan BUMD, serta kepala Bank yang ada di Padang Panjang dan undangan lainnya. (syam)