Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Halmahera Utara, 2 Warga Terluka -->

Iklan Atas

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Halmahera Utara, 2 Warga Terluka

Selasa, 19 April 2022

Gempa magnitudo 5,2 di Halmahera Utara mengakibatkan 2 orang terluka. 


JAKARTA - Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, gempa dengan magnitudo 5,2 yang terjadi di Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, Senin (18/4/2022), mengakibatkan 2 warga luka ringan.


Selain itu, guncangan gempa mengakibatkan kerusakan pada sejumlah bangunan.


"Hasil perkembangan kaji cepat oleh tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Utara hingga hari ini tercatat ada dua orang warga luka ringan, 69 unit rumah mengalami rusak berat, 45 rusak sedang, 159 rusak ringan dan 1 tempat ibadah rusak berat," ujarnya pada wartawan, Selasa (19/4/2022), sebagaimana dikutip Okezone.com.


Menurutnya, dari perkembangan laporan visual menunjukkan, beberapa rumah warga mengalami roboh di bagian dinding yang tersusun dari batako dan kayu. Beberapa warga terpaksa mengungsi ke rumah kerabat setelah rumah mereka mengalami kerusakan.


"Tercatat ada 215 jiwa dari 48 KK yang terdampak gempabumi," tuturnya.


Dia menambahkan, cakupan wilayah terdampak gempabumi yang berpusat di 1.97 LU dan 127.83 BT pada kedalaman 10 kilometer itu meliputi Desa Towara, Desa Baratu, Desa Simau, Desa Soasio dan Desa Pune di Kecamatan Galela. Kemudian Desa Ngidiho, Desa Dokulamo, Desa Duma dan Desa Kira di Kecamatan Galela Barat.


"Tim BPBD Kabupaten Halmahera Utara terus melakukan monitoring dan pendataan di lokasi kejadian bencana. Mereka juga mengimbau kepada warga terdampak untuk tetap menjaga kewaspadaan sebagai antisipasi gempabumi susulan," kata Abdul.(*)