Hadirnya UPZ, Kinerja BAZNAS Semoga Lebih Meningkat -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Hadirnya UPZ, Kinerja BAZNAS Semoga Lebih Meningkat

Rabu, 13 April 2022
.


Way Kanan - Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M menghadiri Pengukuhan Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) dan Penyerahan Bantuan Modal Usaha kepada UMKM dan Bantuan Sembako kepada Mustahiq di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Way Kanan, Rabu (13/04/2022).


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asiten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab, Selan, S.Sos.,M.IP, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Drs. Rinaldi, M.M, Kepala Kantor Kemenang Way Kanan, H. Helmi, S.Ag.,S.Pd.,M.M, Plt. Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdakab, Pimpinan Kecamatan Blambangan Umpu, Ketua BAZNAS Way Kanan, KH. Abud Nursyihab, S.H serta Kepala Kantor Urusan Agama se-Kabupaten Way Kanan.


Bupati Adipati mengatakan bahwa bahwa keberadaan Baznas sebagai Lembaga Pemerintahan non Struktural dibawah naungan Kementerian Agama, merupakan instrument untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat yang dikeluarkan masyarakat khususnya Umat Islam, serta juga untuk meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus penanggulangan kemiskinan di Negara kita khususnya Kabupaten Way Kanan.


Dalam acara tersebut diserahkan Bantuan 900 Paket Sembako Ramadhan dan Penyerahan Bantuan Modal Usaha kepada UMKM sebesar Rp 50.000.000,-.


Bupati Way Kanan peraih Penghargaan Pembangunan Daerah Bumi Ruwa Jurai (PPD SABURAI) Tahun 2022 atas Pencepaian Penanggulangan Kemiskinan Terbaik dari Pemerintah Provinsi Lampung pada Musrenbang Provinsi Lampung Tahun 2022 Tanggal 11 April 2022,juga menyampaikan bahwa berdasarkan hasil kajian menunjukkan bahwa secara umum lahirnya UU Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat sangat berperan dalam pengembangan dan pemberdayaan zakat.


“dengan dilantiknya Pengurus Unit Pengumpulan Zakat ini, kinerja BAZNAS akan lebih meningkat lagi, sehingga keberadaannya senantiasa semakin dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat. ” ujar Bupati Way Kanan. 


Adipati yang juga mengingatkan kepada Pengurus UPZ yang baru dikukuhkan untuk mengumpulkan zakat menjadi tugasnya demi Mustahiq yang membutuhkan, serta mengingatkan masyakat Kabupaten Way Kanan untuk wajib membayar zakat. (Heri/Ari)