Hj. Aida Pimpin TSR Provinsi Sumbar Di Mesjid Al Mutawahidah Talawi Kota Payakumbuh -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Hj. Aida Pimpin TSR Provinsi Sumbar Di Mesjid Al Mutawahidah Talawi Kota Payakumbuh

Rabu, 06 April 2022
Pengurus Mesjid Al Mutawahidah terima suntikan dana pembangunan dari TSR provinsi Sumatera Barat senilai Rp.50juta


Payakumbuh, fajarsumbar.com --- Alhamdulillah. Rasa syukur mendalam warga RW II Talawi kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS) kenagarian Koto Nan Godang Kota Payakumbuh diungkapkan langsung melalui jemaah Mesjid Al Mutawahidah. Musim kemarau yang melanda Luak Limopuluah 2 bulan belakangan ini membuat cuaca meningkat. Namun, Allah SWT menurun hujanNya. Ini merupakan sebuah nikmat yang besar. 


Sejalan dengan rasa syukur itu, nikmat besar pun juga dirasakan warga Talawi dengan hadirnya Tim Safari Ramadhan (TSR) dari Provinsi Sumatera Barat, Selasa (05/04/2022) untuk Mesjid Al Mutawahidah Talawi, Kota Payakumbuh. 


TSR dipimpin langsung Wakil Ketua Komisi V DPRD Provinsi Sumatera Barat, Hj. Aida, SH yang hadir bersama Kepala Biro Kesra Setdaprov Sumbar Dewi Murtisari beserta rombongan. Lebatnya hujan turun mengguyur Kota Payakumbuh tidak mengurangi semangat TSR Provinsi Sumatera Barat untuk bersilaturahmi dengan jemaah, malam itu. Tampak rombongan disambutnya pengurus mesjid bersama tokoh masyarakat dan jemaah mesjid. 


Sebelumnya kegiatan TSR dilaksanakan, kegiatan diawali dengan pelaksanaan qiyamul lail. Bertindak sebagai imam shalat ustaz Arianto yang dilanjutkan dengan shalat tarwih dan witir. Pelaksanaan wirid Ramadhan disampaikan ustaz Safrizal yang hadir bersama rombongan TSR. Adapun tema yang diapungkan Ustadz "maut akan hadir tanpa diundang".


"Apabila telah mati anak Adam, terputuslah semua amalannya, kecuali ilmu bermanfaat, doa anak yang shaleh yang mendoakan, dan sedeqah jariah,"sekelumit inti kajian wirid Ramadhan yang disampaikan ustaz malam itu. 


Menyambut rombongan TSR DPRD Sumbar, pengurus mesjid Al Mutawahiddah H. Zainal Arifin menyampaikan selamat datang kepada TSR di Talawi, Kota Payakumbuh. 


"Selamat datang di mesjid Al Mutawahiddah Talawi kelurahan Ompang Tanah Sirah, kenagarian Koto Nan Godang Kota Payakumbuh. Terima kasih atas kunjungannya. Ini sebuah angin segar, dan kami jemaah mesjid sudah siap menyambut TSR dari provinsi,"sambut Zainal Arifin mewakili jemaah.


Kepada rombongan, Zainal Abidin menerangkan bahwa di Talawi ada satu Mesjid dan 7 mushalla aktif setiap shalat lima waktu dan Ramadhan. Terkait mesjid, inilah kondisi mesjid kita saat ini. 


"Mesjid Al Mutawahidah adalah salah satu mesjid tua di kenagarian Koto Nan Godang. Saat ini sedang direlokasi, dan berada tidak jauh dari mesjid ini. Mesjid 2 lantai yang kelak direncanakan sebagai islamic centre ini sedang tahap pengerjaannya sekitar 60 persen. Tukang dari Bandung sedang memasang gubah,"terang Zainal Arifin. 


Dijelaskannya, sampai saat ini sumber dana pembangunan baru berasal dari wakaf warga dan jemaah yang ada di kampung dan perantauan. Insya Allah, kalau Gubah terpasang kita akan alihkan shalat ke mesjid baru, secara bertahap. Minimal lebaran Idul Adha, besok. Selanjutnya, mesjid lama akan tetap kita pertahankan untuk dimanfaatkan sebagai MDTA dan pusat kajian keagamaan. Karena, mesjid Al Mutawahidah adalah salah satu mesjid adat di Koto Nan Godang. Mesjid Onam Kabaruah. 


"Dan kami yakin, dengan hadirnya TSR Provinsi Sumatera Barat di Mesjid Al Mutawahidah, akan membawa angin segar demi kelancaran kelanjutan pembangunan mesjid yang kita dambakan ini. Meski sebelumnya, Ibu Hj. Aida juga telah ikut hadir dalam goro pengecoran lantai II sebagai tapak gubah mesjid, beberapa bulan lalu. Sekali lagi, terima kasih atas kunjungan silaturrahmi ini,"sambut Zainal Arifin. 


Membalas sambutan dari pengurus mesjid, Wakil Ketua Komisi V DPRD Sumbar, Hj. Aida kesempatan itu turut mengapresiasi kelompokan jemaah Mesjid Al Mutawahidah. Dirinya berharap agar kekompakan ini terus dijaga dan dipertahankan. 


"Semestinya, rombongan TSR hadir dengan sejumlah OPD, namun karena ada sesuatu dan lain hal, kami hadir bersama dengan Biro Kesra,"Aida awali sembari memperkenalkan diri. 


"Hujan adalah rahmat dan bukan penghalang bagi TSR hadir berjemaah di mesjid ini sembari silaturahim. Hari ini, Kami atas nama pemerintah provinsi Sumatera Barat akan mendistribusikan donasi bantuan pembangunan untuk Mesjid Al Mutawahidah. Bantuan akan disalurkan melalui rekening Mesjid Al mutawahidah. Alhamdulillah, bantuan senilai Rp.50juta ini semoga bisa membantu dan dimanfaatkan pengurus dalam membangun, sesuai dengan proposal yang diajukan. Mohon bantuannya diterima oleh pengurus, dan administrasinya diselesaikan dengan Kepala Biro Kesra Setdaprov Sumbar yang langsung mendampingi kami,"ungkap Aida. 


Kesempatan itu, Aida yang juga pernah menjabat 2 kali periode sebagai anggota DPRD di kabupaten Lima Puluh Kota dari Fraksi Demokrat menyempat diri menyampaikan sejumlah informasi penting terkait pemeritahan kepada jemaah. 


"Kesempatan ini, Aida juga jemput aspirasi rakyat. Kita akui, yang namanya pembangunan mesjid memang tiada hentinya. Pembangunan mesjid terus kita jalankan sesuai rencana bersama. Namun, pembangunan keagamaan dan peningkatan perekonomian warga juga harus kita pacu. Semuanya harus dengan kelompok. Pemerintah melalui bagian Kesra dan OPD terkait telah menyiapkan dana hibah dan pembinaan, seperti untuk kelompok yasin / salawat dan majlis taklim. Kuncinya, harus jelas status dan keadministraaiannya secara legal standing di pemerintahan. Kami yakin, di setiap daerah ada kelompok yasin, majlis taklim, namun statusnya belum dilegalkan,"sebut Aida. 


Terkait anggaran dari pokok pikiran anggota DPRD, khususnya untuk diri Aida selaku wakil rakyat dari Dapil Sumbar II, Aida menjelaskan lagi. 


"Untuk pokok pikiran (pokir) dari Aida tahun 2022 ini dialokasikan untuk 96 kelompok yasin / selawat dan majlis taklim. Selanjutnya, untuk bantuan kepada 20 mesjid dan musala di Kota dan kabupaten Lima Puluh Kota,"papar Aida.


"Namun perlu diingat, hibah digulir bergantian. Tahun ini kita dapat, tahun depan belum tentu. Silahkan cari celah dan sumber lain. Kapan perlu celah dari pusat. Silahkan kita komunikasikan dengan wakil rakyat atau saudara kita yang punya posisi di pusat,"pungkas Aida. 


Di penghujung silaturrahmi, Aida dan TSR dari provinsi Sumatera Barat ini menyempatkan diri untuk makan bajamba bersama jemaah mesjid Al Mutawahidah, Talawi Kelurahan Ompang Tanah Sirah, Kota Payakumbuh.(Ul)