Hujan dan Angin Kencang Landa Dharmasraya, Atap Rumah Warga Beterbangan -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Hujan dan Angin Kencang Landa Dharmasraya, Atap Rumah Warga Beterbangan

Jumat, 08 April 2022

 

Warga membersihkan bangunan pasca hujan dan angin kenjang melanda di Dharmasraya, Jumat petang. 

PULAU PUNJUNG - Hujan disertai angin kencang melanda wilayah Sikabau, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) Jumat (8/4/2022) petang. Kejadian ini menyebabkan sejumlah atap rumah warga beterbangan.


Lokasi terdampak paling parah di di Jorong Koto Panjang, Nagari Sikabau, Kecamatan Pulau Punjung. Setidaknya ada lima ruko yang porak-poranda pada bagian atapnya dan tidak menutup kemungkinan jumlahnya bertambah.


"Saat kejadian berbarengan dengan turun hujan deras. Suara angin yang bergemuruh menambah kepanikan warga yang sedang menyiapkan dagangan di Pasar Bedug," ujar tokoh masyarakat Nagari Sikabau Monti Andi di Pulau Punjung, Jumat (8/4/2022), sebagaimana dikutip iNews.id.


Menurutnya, selain toko warga di Koto Panjang, puluhan tenda-tenda Pasar Bedug di Nagari Sikabau juga porak-poranda diterjang angin kencang. Begitu juga satu unit ruko di Pasar Sikabau habis pada bagian atapnya.


Sementara Wali Nagari Sikabau Abdul Razak mengatakan, sudah melaporkan peristiwa tersebut ke BPBD setempat dan masih mendata kerusakan. Sejauh ini tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian material ditaksir mencapai puluhan juta.


"Setelah kejadian tadi, warga dibantu petugas dari polisi langsung membersihkan material kayu yang di porak-poranda karena angin kencang. Terkait jumlah rumah yang rusak masih kami data," kata Razak.(*)