Indonesia Tidak Difavorid Juara SEA Games -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Indonesia Tidak Difavorid Juara SEA Games

Jumat, 15 April 2022
Ilustrasi Timnas Indonesia. (AP/cnnindonesia.com)


Jakarta - Pelatih timnas Malaysia U-23 Brad Maloney tidak memilih Indonesia menjadi kandidat peraih medali emas di cabang olahraga sepak bola SEA Games 2021. Vietnam dan Thailand adalah calon terkuat peraih medali emas.


Juru taktik asal Australia itu berpendapat, Thailand memiliki sejumlah pemain yang berkarier di Eropa. Sedangkan bagi Vietnam, faktor tuan rumah menjadi pendukung kuat juara di mata Maloney.


"Thailand akan sangat kuat karena ada beberapa pemain yang bermain di Eropa. Sementara juara bertahan Vietnam juga akan mengincar juara," katanya dikutip dari New Straits Times.


Ia tak merinci target Malaysia di SEA Games 2021. Saat ditanya kemungkinan juara, ia menggantungkan pihak klub di Liga Malaysia yang rela melepas sebagian pemain untuk membela timnas.


"Jika kami bisa mendapatkan pemain inti, kami akan tampil apik di SEA Games. Tapi sebelum itu, kami butuh kerjasama dari tim-tim M-League," ujarnya sebagaimana dikutip cnnindonesia.com.


Malaysia berada di Grup B bersama Thailand, Kamboja, Singapura, dan Laos. Berada di grup yang berat karena ada Thailand dan Singapura, ia menjadikan SEA Games sebagai persiapan Piala AFC U-23.


Karena itu, dirinya memilih untuk memanggil pemain muda alih-alih penggawa senior Skuad Harimau Malaya.


"Meski tim diizinkan mendaftarkan pemain senior, kami tidak akan mengambil opsi itu. Saya ingin mempersiapkan pemain saya untuk Piala Asia U-23," ucapnya.


Malaysia terakhir kali menyabet medali emas ajang multievent antarnegara Asia Tenggara itu pada SEA Games 2011 di Indonesia. Kemudian, mereka meraih medali perak di SEA Games 2017 Kuala Lumpur.(*)