Jalan Abai - Sungai Rumbai - Padang Aro - Sungai Penuh Kerinci Masuk Daftar 2023 -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Jalan Abai - Sungai Rumbai - Padang Aro - Sungai Penuh Kerinci Masuk Daftar 2023

Selasa, 05 April 2022
Bupati Solok Selatan H. Khairunas saat memberikan arahan didepan ratusan jemaah tarawih RPC. 


Solsel, fajarsumbar.com - Hari pertama tim Safari Ramadan 1443 H tahun 2022 mengunjungi Masjid Nurul Iman Nagari Ranah Pantai Cermin, Kecamatan Sangir Batang Hari, Selasa (5/4/2022).


Bupati Solok Selatan H. Khairunas selaku ketua tim didampingi Sekdakab Syamsurizaldi, Asisten III Staf Ahli dan OPD, Forkopimda, camat, wali nagari dan para jurnalis. 


Wali Nagari Ranah Pantai Cermin Rio di hadapan TSR Solse menyebutkan,  Masjid Nurul Iman RPC ini, telah melaksanakan lokal tahfizh Alquran dan siap mendukung visi dan misi bupati dan wakil bupati. 


"Di Mesjid yang sederhana ini, masih bisa melaksanakan kegiatan keagamaan, walaupun kondisinya sangat sempit, entah mesjid yang sempit, entah jemaah yang ramai, mohon perhatian dari Pemda Solok Selatan," ujarnya.


Bupati Solok Selatan H. Khairunas dalam sambutanya di hadapan ratusan jemaah tarwih Masjid Nurul Iman RPC menyebutkan, pada pertemuan bupati dan walikota se-Indonesia beberapa hari lalu di Jakarta.


Ada dua program Solok Selatan yaitu jalan alternatif Abai - Sungai Rumbai dan Padang Aro- Sungai Penuh Kerinci Jambi, sudah masuk dalam daftar tahun 2023 nanti. 


Bupati mengakui, masih ada di daerah Solsel ini yang tertinggal, yaitu di Kecamatan Sangir Batang Hari, tepatnya  Lubuk Ulang Aling tengah dan Lubuk Ulang Aling Selatan.


Dari kunjungan Gubernur Sumbar beberapa hari lalu, dan beliau juga menyaksikan secara kasad mata, Gubenur berjanji akan memperhatikan dua daerah tersebut. 


Bupati berharap untuk ke depannya, tidak ada lagi daerah tertinggal di Solok Selatan. Bupati tidak akan membicarakan Sungai Pagu dan Sangir.


"Jika itu terus yang dibicarakan kapan kita akan bangkit, satu yang sakit hendaknya kita rasakan semua, bagaimana mengobati yang sakit itu adalah kebersamaan, dengan tidak lagi berkotak kotak," ujarnya.


Untuk meningkatkan pendidikan, pemerintah Solok Selatan, setiap tahun menganggarkan pakaian gratis untuk anak sekolah, mulai dari tingkat SD, SMP, SMSMK, MA. 


Terkait dengan BPJS, masih ada masyarakat yang belum terdaftar, diperkirakan sekitar 4 ribu lagi dan tahun depan akan mendata dan membagikan BPJS sebanyak 2 ribu orang lagi. "Mudah mudahan habis masa jabata kami, tidak ada lagi warga kami yang tidak mendapatkan BPJS," janji bupati.


"Kita sangat bersyukur, Solok Selatan mendapat persetujuan dari pemerintah provinsi, akan menjadi tuan rumah MTQ tingkat Sumatera Barat, program kita adalah satu jorong satu tahfizh, dengan mengajak elemen keagamaan agar siap untuk melahirkan para qori dan qoriah," tambahnya.


Diakhir acara, Bupati Khairunas didampingi Sekdakab, menyerahkan bantuan pembangunan senilai Rp20 juta dan dua orang mahasiswa Sangir Batang Hari  mendapat bantuan beasiswa dari Baznas Solok Selatan.  


Pada TSR itu diisi cemarah yang disampaikan Ustadz M. Noor. Inti ceramahnya mengajak kaum muslimin dan muslimat agar meningkatkan iman dan takwa selama Ramadhan serta menjauhi perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT. (Abg)