Setahun Lalu Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadhan 2 April, Pemerintah Sibuk Persiapan Sidang Isbat Hari Ini -->

Iklan Atas

Setahun Lalu Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadhan 2 April, Pemerintah Sibuk Persiapan Sidang Isbat Hari Ini

Jumat, 01 April 2022
Shalat tarwih. (ist)


Jakarta - Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada Sabtu 2 April 2022. Sementara pemerintah masih sibuk mempersiapkan sidang Isbat yang dilaksanakan pada hari ini, Jumat (1/3/2022).


Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan jadwal Sidang Isbat (penetapan) awal Ramadhan 1443 Hijriah pada Jumat 1 April 2022. 


Mengutip website Kementerian Agama, Sidang Isbat (penetapan) Awal Ramadhan 1443 Hijriah akan dilaksanakan secara hybrid, pada Jumat, 1 April 2022 atau bertepatan dengan 29 Syakban 1443 Hijriah.


Secara luring sidang isbat akan digelar di Auditorium HM. Rasjidi Kemenag, Jalan MH. Thamrin, Jakarta. Jumlah peserta sidang isbat yang hadir dibatasi sesuai ketentuan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.  


Sementara, sebagian peserta lainnya, akan berpartisipasi melalui telekonferensi melalui jaringan internet.


Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Adib menyatakan sidang isbat digelar sesuai Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah. Sidang isbat selalu digelar pada tanggal 29 bulan sebelumnya pada kalender hijriah.


Mengutip kontan.co.id, sidang isbat akan melibatkan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam. 


Sidang ini juga akan melibatkan perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan undangan lainnya. "Kami juga mengundang pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI untuk hadir dalam sidang," katanya.


Adib menerangkan, sidang isbat akan dibagi menjadi tiga tahap. Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1443 H berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi). Pemaparan dilakukan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag mulai pukul 17.00 WIB. "Sesi ini terbuka dan akan disiarkan melalui live streaming,” ujar Adib.


Kedua, pelaksanaan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1443 Hijriah. Sesi ini digelar secara tertutup setelah Salat Magrib. Selain data hisab (informasi), sidang isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatul hilal (konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag pada 78 lokasi di seluruh Indonesia.


"Tahap ketiga, telekonferensi pers hasil sidang isbat akan disiarkan secara langsung oleh TVRI dan media sosial Kemenag," tambahnya.


Sebelum Sidang Isbat dilaksanakan, organisasi keagamaan Muhammadiyah sudah lebih dahulu menetapkan jadwal puasa dan imsakiyah Ramadhan 1443 Hijriah atau tahun 2022. 


Muhammadiyah telah menetapkan jadwal awal puasa Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada Sabtu, 2 April 2022. Penetapan jadwal puasa itu dilakukan lewat Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 Hijriah.


Adapun dalam maklumat tersebut, juga ditetapkan mengenai 1 Syawal 1443 H yang ditetapkan pada Senin, 2 Mei 2022. Penetapan awal Ramadhan dan Syawal 1443 Hijriah tersebut berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.(*)