Payakumbuh Barat Studi Banding ke Ganting, Padang Panjang -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Payakumbuh Barat Studi Banding ke Ganting, Padang Panjang

Kamis, 14 April 2022
Rombongan dari Kecamatan Paywkumbuh Barat ketika berdialog dengan unsur Kelurahan Ganting, Kota Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Pemerintah Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh melakukan studi banding ke Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kamis (14/4).


Sekretaris Camat Payakumbuh Barat, Zailendra, M.IP menyampaikan, Ganting merupakan juara 1 Lomba Kelurahan Berprestasi  Sumaterea Barat tahun 2021. 


"Inilah yang membawa kami datang ke sini. Dalam kunjungan ini, kami menyertakan Lurah Nunang Daya Bangun, Ari Ashadi, S.E, M.Si dan Lurah Payolansek  Amiruddin, S.Sos, M.M yang merupakan kelurahan yang kami persiapkan untuk mewakili  Payakumbuh menghadapi perlombaan kelurahan berprestasi tahun ini," sebutnya.


Di samping itu  dalam kunjungan ini pihaknya juga melibatkan unsur PKK dan LPM. Melalui kunjungan ini pihaknya berharap dapat mengadopsi berbagai inovasi yang ada di Kelurahan Ganting ini.


"Kami ingin belajar bagaimana capaian Ganting. Kalau tahun 2021 Ganting bisa juara satu, mudah-mudahan tahun ini Kelurahan NDB lagi yang juara," harapnya.


Sementara Sekretaris Camat PPT, Gusrial, S.Sos menyampaikan, salah satu kelebihan yang ada di Ganting adalah swadaya masyarakatnya. 


"Dalam penanggulangan Covid-19 kemarin ini, salah satu inovasi dari Pak Lurah membuat inovasi rumah kesehatan Covid-19  berbasis kaum yang melibatkan potensi dan swadaya warga untuk bahu-membahu menghadapi pandemi," ungkapnya.


 Lurah Ganting, Januardi, S.E 

menyebutkan, pihaknya selalu memaksimalkan potensi yang ada dalam segala sektor. Seperti LPM, PKK, pemuda dan tokoh masyarakat  untuk melakukan banyak inovasi.


"Di Ganting, kita punya beberapa inovasi antara lain Sub Terminal Agribisnis yang diberi nama Gantiang Maju Basamo. Inovasi lain adalah Kelompok Tani Milenial Gemilang, Gantiang TV, Workshop Gantiang Handycraft, Pekarangan Pangan Lestari, Susu Segar Serambi Milk, Bank Sampah Kurabu, Rumah Sewa Anak Yatim," paparnya.


Melalui kegiatan ini pihaknya berharap dapat saling berbagi ilmu yang bisa bermanfaat dan diterapkan di daerah masing-masing. (syam)