Pelabuhan Merak Padat dan Macet, Pemudik Curhat Lama Baru Naik Kapal -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Pelabuhan Merak Padat dan Macet, Pemudik Curhat Lama Baru Naik Kapal

Selasa, 26 April 2022

Pelabuhan Merak mulai macet hadapi arus mudik


Jakarta - Kepadatan arus mudik 2022 sudah mulai terlihat di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. Berdasarkan pantauan, Jalan Cikuasa Atas dijadikan kantung parkir. Kemudian kendaraan yang keluar dari Pelabuhan Merak, di arahkan melalui Jalan Cikuasa Bawah.


Akibatnya, jalan Cikuasa Bawah terpantau padat merayap. Mayoritas yang lewat berupa kendaraan besar dan pribadi. Sedangkan enam dari tujuh dermaga di dalam Pelabuhan Merak terpantau padat.


Kemudian Dermaga 1 Pelabuhan Merak hingga hari ini, Selasa (26/4) masih belum bisa digunakan karena sedang dilakukan pembangunan, sebagaimana dikutip CNNindonesia.com.


Padatnya pemudik menyebabkan penumpang harus menunggu berjam-jam lamanya di sekitar pelabuhan, untuk bisa masuk ke dalam kapal.


Seperti yang diceritakan oleh Rosi, pemudik asal Jakarta Selatan dengan tujuan Lampung Tengah yang sudah menunggu sejak Selasa dini hari pukul 03.00 Wib. Hingga pukul 08.30 Wib ia belum bisa naik ke atas kapal.


"Udah masuk pelabuhan dari jam 3 pagi. Karena puncaknya mudik kali ya. Karena kan dua tahun lalu pada belum ada yang mudik, padat. Enggak menyangka padat, Dikira puncaknya tanggal 29 April 2022," ujar Rosi, ditemui di gang way Dermaga 3 Pelabuhan Merak.


Hal senada disampaikan Umat Hamdan, pemudik asal Cikarang, Bekasi dengan tujuan Bandar Lampung ini mengaku sudah sampai di Pelabuhan Merak, sejak Selasa dini hari sekitar pukul 01.00 Wib. Hingga menjelang Subuh, dia belum bisa naik ke atas kapal.


Dia mengaku heran, kemudian menggunakan motor belum disuruh naik ke atas kapal, sedangkan pemudik mobil sudah diperbolehkan.


"Mudik sekarang karena udah waktu nya libur, jadi mudik awal. Baru kali ini mudik, dua tahun enggak mudik, walau keluar rumah hujan tetep kita terus pakai jas hujan. Mobil udah naik sebagian, motor belum di naikin, enggak tahu ada kendala apa," ujarnya.(*)