Pemda Pd.Pariaman Bergerak Cepat, Salurkan Bantuan Sembako untuk Junaidi -->

Iklan Atas

Pemda Pd.Pariaman Bergerak Cepat, Salurkan Bantuan Sembako untuk Junaidi

Selasa, 19 April 2022
Kepala Bappelitbangda Padang Pariaman Ali Amran serahkan paket sembako dan berupa bantuan lainnya kepada Junaidi salah satu keluarga miskin di Korong Koto Gadih, Nagari Sunua, Nan Sabaris, Senin 18 April 2022 (foto.dok.ikp)


Sunua- Bupati Padang Pariaman diwakili Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) Ali Amran mengunjungi kediaman Junaidi yang merupakan salah satu keluarga miskin di Korong Kampuang Gadang Koto Gadih, Nagari Sunur Kecamatan Nan Sabaris, Senin (18/04/22).


Ali Amran didampingi Camat Nan Sabaris Syamsunar mengatakan, Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat sangat peduli, dan menjadi perhatian khusus untuk pengentasan kemiskinan ini.


"Karenanya, Bupati Padang Pariaman selalu menekankan aparat pemerintahan nagari sampai wali korong agar senantiasa memperhatikan masyarakat yang membutuhkan, sehingga bisa diberi bantuan" tegas dia. 


Ia meminta pemerintah nagari terus melakukan pendataan dan mencatat warga yang tidak terdata, agar segera diusulkan untuk masuk dalam DTKS. Hal itu, supaya warga yang membutuhkan, bisa menerima skema bantuan sosial dari pemerintah. 


"Perangkat nagari sampai korong harus perhatikan warganya, jangan sampai ada warga yang benar-benar membutuhkan, tidak menerima bantuan sosial," kata Ali Amran.


Ia juga didampingi Ketua Aksi Solidaritas Piaman Laweh (Aspila) Azwar Anas menyebutkan, pemerintah akan terus berupaya membantu semua warga yang membutuhkan bantuan di masa pandemi Covid-19. 


"Pokoknya kita akan bantu semua warga yang membutuhkan baik melalui bantuan dari pusat maupun bantuan dari pemerintah daerah dan pemerintah nagari setempat" terangnya. 


Wali Nagari Sunur Efriadi mengatakan,Junaidi beristeri Elfita bersama 4 (empat) anak ini yang merupakan warga Korong Kampuang Gadang Koto Gadih Kecamatan Nan Sabaris sejak 2020 yang lalu. Sebelumnya, ia berdomisili di Kota Padang, dan sejak pandemi Covid 19 kembali ke kampung di Korong Kampuang Gadang Koto Gadih Nagari Sunur.


Pemerintahan Nagari, kata Efriadi, ia telah mempercepat proses administrasi untuk dibantu pengurusan Kartu Keluarga (KK) dan KTP yang bersangkutan. Junaidi telah dimasukan pada data keluarga miskin untuk mendapat bantuan.


Ia mengakui, dilihat dari kehidupan ekonominya, sangat layak untuk mendapat bantuan.


"Untuk Program PKH yang bersangkutan sudah didaftarkan padavtahun yang sama. Karena dia warga baru, belum masuk dalam data DTKS. Tentu menunggu," terangnya.


Wali Nagari Efriadi menambakan, Junaidi bersama keluarga memiliki rumah tua. Juga, ditempati pula oleh keluarganya yang lain. Karena sedikit rame, maka Junaidi membuat tempat peristirahatan, disamping rumah yang ditempati awalnya.


"Tidak benar ditempat terpencil, tempat peristirahatannya itu masih disekitar rumah yang ditempati awalnya," tutup Efriadi.

 

Berdasarkan hasil diskusi dan koordinasi bersama Pemerintah Kecamatan dan Nagari serta pihak keluarga di lokasi itu, yang bersangkutan akan diusulkan untuk mendapat bantuan rumah layak huni dari Pemerintah Daerah melalui Baznas Padang Pariaman.


Kemudian sebelum meninggalkan lokasi, Ali Amran menyerahkan bantuann sembako dan kebutuhan pokok lainnya kepada Junaidi dan keluarga. Sedangkan Junaidi bersama keluarganya, di evakuasi ke salah satu rumah warga sebagai tempat tinggal sementara, jelang bantuan rumah selesai dibangun. (mdi-c09)