Pemkab Agam Luncurkan SmartNagari -->

Iklan Atas

Pemkab Agam Luncurkan SmartNagari

Senin, 11 April 2022
.


Agam - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam terus berinovasi memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Kekinian, portal teknologi pintar bertajuk SmartNagari resmi diluncurkan.


Peluncuran portal SmartNagari ditandai dengan scanning QR Code perdana oleh Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, MM saat meluncurkan aplikasi pintar tersebut, Senin (11/4).


Menurut bupati, pemerintah daerah Kabupaten Agam terus berinovasi dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Jika pelayanan maksimal, maka kesejahteraan masyarakat akan mudah terwujud.


“Kata kuncinya adalah Kabupaten Agam terus berupaya memberikan pelayanan maksimal ke masyarakat, sehingga masyarakat sejahtera dan Agam yang lebih maju dapat kita wujudkan,” ujarnya.



Portal SmartNagari ini sambung bupati, sekaligus menjadikan pemerintah nagari sebagai ujung tombak dalam penyelenggaraan pemerintahan.


Oleh sebab itu, menurutnya pemanfaatan teknologi informasi dan sistem pemerintah berbasis elektronik menjadi penting dalam menunjang sistem pemerintahan di Kabupaten Agam.


“Ini juga sebagai upaya pemerintah daerah dalam mewujudkan pemerintahan yang moderen dan efektif dengan meningkatkan pelayanan di nagari,” ucapnya.


Sementara itu, Kepala Diskominfo Agam, Rahmad Lasmono menambahkan, SmartNagari merupakan sebuah portal aplikasi yang berisi sejumlah layanan bagi masyarakat.


Adapun layanan itu antara lain administrasi kependudukan dan catatan sipil, persuratan nagari, kepegawaian nagari serta ditambah dengan modul administrasi PKK dan pendataan Dasawisma Nagari.


“Artinya segala layanan masyarakat di nagari ada di aplikasi ini. Dengan aplikasi ini Walinagari akan ada dimana-mana, artinya kapan saja masyarakat bisa mengakses keperluan layanan di nagari,” ujarnya.(*/yanto)