Pemnag Harus Selektif Keluarkan Surat Keterangan Miskin -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Pemnag Harus Selektif Keluarkan Surat Keterangan Miskin

Kamis, 07 April 2022
Wendra Rovikto


Pessel - Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Pesisir Selatan, Wendra Rovikto meminta seluruh pemerintah nagari untuk lebih selektif mengeluarkan surat keterangan miskin atau tidak mampu.


Pemerintah nagari diminta untuk lebih teliti dan memastikan masyarakat yang meminta surat keterangan miskin tersebut betul-betul berasal dari kalangan keluarga miskin.


"Kita berharap surat keterangan miskin ini betul-betul menggambarkan warga yang tidak mampu. Karna dasar dari suatu usulan bantuan baik di program-program bidang pendidikan, perlindungan sosial maupun kesehatan, itu salah satu sumber datanya merupakan surat keterangan tidak mampu," jelas Wendra, Rabu (6/4) di Painan.


Lanjut dia, jika surat keterangan tidak mampu yang dikeluarkan tidak menggambarkan kondisi yang sebenarnya, maka persoalan akurasi data warga miskin tidak akan pernah tuntas dan penyaluran bantuan sosial dari program-program pemerintah tidak sepenuhnya tepat sasaran.


Untuk itu, pemerintah nagari dapat mendukung langkah pemerintah kabupaten dalam proses validasi dan pemutakhiran data warga miskin salah satunya dengan tidak mengeluarkan surat keterangan tidak mampu bagi keluarga yang dinilai mampu.


Sebab, surat keterangan miskin yang dikeluarkan itu, nantinya akan menjadi dasar dalam pengusulan bantuan program pemerintah.


Dalam rangka memperoleh data yang akurat untuk menyalurkan program bansos tepat sasaran, saat ini dinas sosial setempat juga tengah melakukan uji publik penerima program bansos. (*/wandi)