Peringati HKB Tingkat Pd.Pariaman, Wabup Rahmang Buka Rakor Penanggulangan Bencana -->

Iklan Atas

Peringati HKB Tingkat Pd.Pariaman, Wabup Rahmang Buka Rakor Penanggulangan Bencana

Selasa, 26 April 2022
Wabup Padang Pariaman Drs.Rahmang,MM ketika memeriksa barisan pasukan Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tingkat Padang Pariaman tahun 2022 di Komplex Kantor Bupati, Selasa 26 April 2022 (foto.dok.rel)


Parik Malintang,- Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman gelar berbagai rangkaian kegiatan dalam rangka memeringati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tingkat Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2022, Selasa (26/04/22).


Kegiatan yang dipusatkan di Kantor Bupati ini berupa Pelaksanakaan Apel Siaga Bencana, Pemeriksaan Pasukan dan Pemeriksaan Peralatan yang diikuti oleh seluruh Pemangku kebencanaan yang ada di Kabupaten Padang Pariaman. 


Kemudian dilanjutkan dengan simulasi evakuasi mandiri pada bangunan gedung bertingkat, dan ditutup dengan pelaksanaan Rapat Koordinasi (Rakor) Penanggulangan Bencana.


Wakil Bupati (Wabup) Rahmang selaku pembina apel, langsung melakukan pemeriksaan pasukan dan sekaligus memeriksa peralatan yang digelar oleh masing masing pemangku kebencanaan  mulai dari TNI/Polri, Basarnas, BPBD, Tagana, Satpol PP, Dinas Kesehatan dan berbagai pemangku kebencanaan lainnya. 


Rahmang berharap melalui Apel Ini, dapat meningkatkan kesiapsiagaan Padang Pariaman dalam rangka menghadapi ancaman bencana. Selain itu, dapat dilakukan inventarisir kekuatan dan kapasitas masing-masing elemen penanggulangan bencana yang ada di Padang Pariaman, dalam upaya persiapan penanggulangan bencana yang beresiko mengancam Padang Pariaman.


Ia juga berpesan terutama kepada jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Padang Pariaman beserta instansi terkait lainnya seperti TNI/POLRI. Juga, Instansi pemangku kebencanaan lainnya agar selalu melakukan mitigasi bencana dengan cara melakukan sosialisasi. Dan pemeberdayaan kepada masyarakat, bahwa penanganan bencanan ini adalah menjadi tanggungjawab semua pihak.


Simulasi Bencana Rangkaian kegiatan Peringatan HKB tingkat Kabupaten Padang Pariaman tahun 2022 diwarnai dengan Pelaksanaan simulasi evakuasi mandiri terhadap bencanan gempa pada bangunan gedung bertingkat, yang dipusatkan di gedung Kantor Bupati lantai 1 s.d 3. 


Simulasi ini juga dimaksudkan untuk mengedukasi semua ASN yang ada di gedung kantor Bupati untuk memahami langkah dan prosedur penyelamatan evakuasi mandiri di gedung bertingkat. 


Wabup Rahmang mengapresiasi ide pelaksanaan Simulasi yang dilakukan.Simulasi ini benar benar bermanfaat, ia berharap endingnya akan menjadi sebuah SOP dalam evakuasi mandiri jika terjadi gempa bumi khusus di gedung kantor Bupati, Juga akan di gelar di gedung pemerintahan lainnya di Padang Pariaman nantinya”.


Puncak peringatan HKB tahun ini, juga dilaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Penanggulangan Bencanan Padang Pariaman yang di buka Wabup Rahmang dan sekaligus menjadi key note speaker.


Rakor yang dihadiri seluruh Camat dan Wali Nagari, dan seluruh pemangku kebencanaan, seperti TNI/POLRI, BPBD, BMKG Padang Panjang, BMKG Kapalo Hilalang, PMI, TAGANA, satpol PP Damkar berlangsung meriah.


Rahmang mengatakan, mewujudkan Padang Pariaman tangguh bencana tidak cukup hanya dilakukan oleh BPBD saja, atau TNI saja, namun membutuhkan keterlibatan semua pihak.


HKB dan Rakor ini bertemakan “Mewujudkan Padang Pariaman Tangguh Bencana dimulai dari pembangunan Keluarga tangguh bencana, Nagari Tangguh Bencana. Dibawah kerjasama dan kolaborasi yang kuat dari seluruh pemangku kebencanaan yang Hebat.”


Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Padang Pariaman, Budi Mulya menyampaikan ucapan terima kasih tak terhingga kepada semua Pemangku kebencanaan yang ada di Padang Pariaman yang turut berpartisipasi dalam memeriahkan ragkaian peringatan HKB tahun 2022. Tanpa dukungan semunya BPBD bukanlah apa apa.


Ia mengajak, kepada seluruh pemangku kebencanaan yang ada di Padang Pariaman, mulai dari TNI/POLRI, BMKG Padang Panjang, Basarnas, PMI, TAGANA, Pemuda Pancasila, KNPI, Pramuka, Camat, Wali Nagari dan semua yang lerlibat, Juga ucapkan terima kasih banyak, ini menunjukkan bahwa kita masih sangat peduli dalam kesiapsiagaan bencana di Padang Pariaman.


“Mari kita saling berkolaborasi dan saling berkoordinasi agar mampu mengurangi resiko bencana yang akan terjadi di Padang Pariaman” ujarnya mengakhiri.(r-c09).