PHBI Putuskan Shalat Id di Lapangan Gumarang Batusangkar -->

Iklan Atas

PHBI Putuskan Shalat Id di Lapangan Gumarang Batusangkar

Rabu, 27 April 2022

Wabup Richi Aprian yang juga Ketua PHBI Tanah Datar Laksanakan Rapat menentukan pelaksanaan Shalat Id, di Rumah Dinas Wabup


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Tanah Datar melaksanakan rapat selama 2 hari mulai Selasa 26 April sampai Rabu 27 April 2022, PHBI Tanah Datar putuskan pelaksanaan Shalat Idul Fitri tahun 1443 H/2022 M di Kota Batusangkar, dilaksanakan di Lapangan Gumarang Batusangkar. 


Rapat dilaksanakan di rumah dinas Wakil Bupati Tanah Datar tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Richi Aprian yang juga sebagai Ketua PHBI Tanah Datar dan dihadiri oleh Kakan Kemenag Tanah Datar H. Syahrul, Kadis Sosial H. Afrizon, Kadis Kominfo Yusrizal, Bagian Kesra, Sekretaris PHBI dan pengurus serta pengurus Masjid yang berada di sekitar Kota Batusangkar. 


Kadis Sosial Afrizon dikesempatan itu mengungkapkan, bahwa dari 7 (tujuh) Masjid yang berada di sekitar Kota Batusangkar, pada umumnya semua sepakat dan mendukung PHBI Tanah Datar untuk pelaksanaan Shalat Idul Fitri di Lapangan Gumarang. 


Namun menurut Afrizon, pengurus Masjid Al Faizin yang berada di Pincuran Tujuh meminta untuk tetap diizinkan melaksanakan Shalat Id di Masjid, ini dilakukan untuk memfasilitasi para jamaah yang sudah tua dan sudah tidak mampu lagi untuk datang ke lapangan, hal yang sama juga diminta oleh pengurus Masjid Ihsan yang berada di Pasar dan Masjid Raya Lantai Batu.


Sementara Wakil Bupati Tanah Datar menyampaikan, bahwa rapat ini digelar dalam rangka untuk persiapan pelaksanaan Shalat Idul Fitri tahun ini di kota Batusangkar dan sekitarnya. 


Dia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pengurus Masjid di sekitar kota Batusangkar, yang telah mendukung PHBI Tanah Datar dalam melaksanakan Shalat Idul Fitri pada tahun ini di Lapangan Gumarang Batusangkar. 


Pada rapat tersebut juga disampaikan, jika cuaca hujan maka Imam dan Khatib utama akan dialihkan ke Masjid Taqwa yang berada di Parak Juar. Begitu juga halnya Bupati Tanah Datar bersama Ketua DPRD dan Forkopimda Tanah Datar, sementara Wabup sendiri akan melaksanakan shalat di Masjid Muhammadiyah. 


Selain itu, untuk persiapan pelaksanaan shalat Idul Fitri pada hari Kamis nanti di lapangan Gumarang juga akan dilakukan pengukuran kiblat oleh pengurus sebelum pada akhirnya akan dilakukan ceking dan rapat terakhir pada minggunya. 


Terkait dengan permintaan pengurus Masjid Al Faizin, Masjid Ihsan dan Masjid Raya Lantai Batu, Wabup mengatakan bahwa PHBI Tanah Datar tidak akan melarang atau menghalangi, karena pada prinsipnya itu boleh dilakukan. 


Namun demikian, Wabup tetap mengajak dan mengimbau kepada umat muslim, yang berada di sekitar kota Batusangkar untuk bersama-sama melaksanakan Shalat Id di lapangan, karena secara agama itu lebih disarankan agar syiar nya lebih besar.


"Untuk pelaksanaan Shalat Idul Fitri di Lapangan Gumarang nanti, para jamaah juga tetap harus mematuhi protokol kesehatan," pungkas Richi. (F12)