Plt Kalaksa Kabupaten Lima Puluh Kota Ingatkan Warga dan Pemudik Selalu Waspada -->

Adsense Atas-STIE AKBP

Plt Kalaksa Kabupaten Lima Puluh Kota Ingatkan Warga dan Pemudik Selalu Waspada

Senin, 18 April 2022
Peringatan dini cuaca Sumatera Barat tanggal 18 April 2022 pukul 04.00 WIB 


Lima Puluh Kota, fajarsumbar.com - Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lima Puluh Kota, Rahmadinol, Senin (18/04/2022) mengingatkan warga Lima Puluh Kota dan pemudik yang akan pulang kampung untuk selalu waspada akan bencana. 


Pasalnya, beberapa hari terakhir, curah hujan di Kabupaten Limapuluh Kota terjadi peningkatan. Hampir setiap hari hujan membasahi bumi Limapuluh Kota, merata di setiap kecamatan. Dari estimasi BMKG curah hujan akan terus meningkat, yang disertai petir. Kondisi ini membuat kita harus semakin waspada akan bencana. 


“Curah hujan akhir-akhir ini meningkat. Karena itu kami minta masyarakat untuk tetap waspada terhadap ancaman bencana,” ujar Ramadinol.


Kabupaten Lima Puluh Kota langganan banjir, tanah longsor dan angin puting beliung. 


Untuk banjir, katanya, daerah yang menjadi langganan seperti di Kapur IX, Pangkalan, Mungka, Taram serta sepanjang hilir aliran sungai Batang Sinamar. Ini yang sering terjadi, luapan aliran sungai. Hujan sehari dua hari, air langsung naik merendam areal pertanian bahkan rumah warga.


Kemudian, terhadap tanah longsor seperti sepanjang jalur jalan nasional Sumbar-Riau di Pangkalan, sepanjang lereng Gunuang Sago, kawasan lereng perbukitan di Gunuang Omeh, Bukit Barisan serta Kapur IX dan Situjuah Limo Nagari.


“Kepada pemudik, ini yang harus waspada, ancaman tanah longsor di sepanjang jalur Sumbar-Riau. Kemudian kepada masyarakat yang menetap di kawasan lereng perbukitan juga harus hati-hati,” ucapnya.


Angin puting beliung, katanya juga langganan tahunan Kabupaten Limapuluh Kota. Ada beberapa daerah yang sering dilanda angin berkecepatan lebih 100 kilometer perjam itu. Seperti di Kecamatan Luak, Lareh Sago Halaban, Mungka, Bukit Barisan, Akabiluru dan beberapa daerah lainnya.


“Mengingat mudik dan lebaran dalam kondisi cuaca tidak menentu, perlu ditingkatkan kewaspadaan serta tanggap darurat bencana. Jangan lupa laporkan setiap bencana ke BPBD Limapuluh Kota,” ujarnya lagi.


Dalam menghadapi mudik dan lebaran 2022, diakui Ramadinol, BPBD Limapuluh Kota tetap memantau setiap perkembangan yang terjadi. Begitu juga, BPBD juga siagakan petugas terutama Tim Reaksi Cepat (TRC) sebagai tanggap darurat apabila terjadi bencana.


Kemudian, terkait tanggap terhadap korban bencana, BPBD Kabupaten Limapuluh Kota mendapatkan dukungan penuh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Buktinya, BNPB memberikan hibah bagi BPBD Limapuluh Kota.


“Alhamdulillah, dalam rangka mendukung penguatan kelembagaan kita, BNPB memberikan bantuan berupa hibah satu unit trailer dapur umum. Hibah ini tertuang dalam keputusan Deputi Logistik dan Peralatan BPBD Nomor 4 Tahun 2022 Tanggal 29 Maret 2022,” ujar Ramadinol lagi.


Dengan adanya hibah tersebut, BPBD Limapuluh Kota tidak akan berhenti untuk meminta sesuai prosedur ke BNPB sampai logistik dan peralatan terpenuhi sesuai standar dalam penanganan bencana sesuai arahan Bupati.(Ul)