Progul Satu Rumah Satu Hafizh, Sebanyak 2.589 Rumah di Tanah Datar Terpasang Stiker Hafizh -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Progul Satu Rumah Satu Hafizh, Sebanyak 2.589 Rumah di Tanah Datar Terpasang Stiker Hafizh

Jumat, 15 April 2022

H. Afrizon Ketua Pembina Rumah Tahfidz Tanah Datar


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Semenjak Program Unggulan (Progul) Satu Rumah Satu Hafizh diluncurkan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar pada 19 Agustus 2021 lalu, hingga tanggal 13 April 2022 kemaren sudah terpasang sebanyak 2.589 stiker di rumah penduduk yang anaknya Hafizh Al-Quran. Hal itu disampaikan Ketua Pembina Rumah Tahfidz Kabupaten Tanah Datar H. Arizon, di ruang kerjanya, Kamis (14/4/22). 


Afrizon katakan, jumlah stiker yang terpasang terbanyak ada di Kecamatan Rambatan, dan untuk Nagari terbanyak berada di Nagari Balimbing, dengan jumlah 172 rumah.


Sementara untuk Nagari yang belum terpasang stiker Hafizh adalah Nagari Gurun, Koto Tuo, Koto Baru, Pagaruyung, Cubadak, Supayang, Situmbuk, Koto Tangah, dan Talang Tangah. 


"Namun pada bulan ini pemasangannya agak sedikit terhenti karena dalam situasi bulan Ramadhan, teman-teman kita yang berada di Kecamatan dan Nagari, fokus pada kegiatan Ramadhan," kata Afrizon. 


Afrizon katakan lagi, sesuai dengan keinginan Bupati dan Wakil Bupati, pemasangan stiker pada satu rumah satu Hafizh itu nantinya akan diberikan reward oleh pemerintah daerah. "Yang pertama bantuan secara kolektif, dan pemerintah daerah sudah menyiapkan berupa dana pembinaan untuk Nagari atau pelaksana kegiatan untuk enam Nagari terbaik," ujarnya. 


Kemudian di setiap rumah yang sudah terpasang stiker Hafizh akan mendapatkan bantuan secara prioritas, misalnya jika rumah itu tidak layak huni akan menjadi prioritas untuk diperbaiki oleh pemerintah daerah pada tahun 2023 mendatang. "Selain itu rumah yang sudah terpasang stiker Hafizh, juga akan menjadi skala prioritas di bidang pendidikan, terutama bantuan sosial dari Dinas Sosial," ujar Afrizon. 


Namun belum semuanya bisa dipasangkan stiker tambah Afrizon, karena masih banyak anak-anak dan orang tua yang belum mendaftarkan ke tim administrasi Nagari. "Secara umum tidak ada kendala, hanya saja mungkin masih banyak anak anak kita yang belum mendaftarkan diri ke administrasi di Nagari, dan secara umum pelaksananya tetap bejalan," pungkasnya.


Lebih lanjut dikatakan Afrizon, sebenarnya berdasarkan data sementara yang telah terverifikasi per 21 September 2021, jumlah penghafal Al-Quran di Kabupaten Tanah Datar berjumlah 11.742 orang. (F12)