PT SEML Mengajak Para Pembina Para Santri Agar Senantiasa Menanamkan Nilai-Nilai Nasionalisme -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

PT SEML Mengajak Para Pembina Para Santri Agar Senantiasa Menanamkan Nilai-Nilai Nasionalisme

Sabtu, 23 April 2022


Para Santri dan Santriwan Ponpes Khalifa Rajab, dengan serius mendengarkan paparan dari manajemen PT Supreme Energy. Abg


Solsel, fajarsumbar. com---Setelah sukses menyelenggarakan berbuka bersama dan pemberian santunan  dengan 180 para santri dan dewan guru di Pondok Pesantren Daarusshaleh Pekonina dua hari yang lalu. 


PT Supreme Energy Muara Laboh (SEML) kembali menyapa dan mengunjungi Pondok Pesantren Andalusia Surau Khalifah Rajab di Jorong Batu Bajarang, Nahari Luak Kapau Kecamatan Pauh Duo, Solok Selatan, (Sumbar), Jumat (22/4/2022) kemaren. 


Turut hadir unsur PT SEML yang dipimpin oleh Bujang Joan Dt Maninjun atau lebih terkenal dengan Dt Panyalai sebagai Relations Spv didampingi Daryono, M Roza dan Risky bertandang ke Pondok Pesantren Andalusia Surau Khalifah Rajab itu untuk berbagi ilmu. 


Kedatangan tim disambut oleh pimpinan pondok Buya Ashary yang sekaligus ketua BKMT Solok Selatan, didampingi dengan para pengajar dan para  santri serta jamaah surau sekitar 120 orang. 


Demikian Bujang Joan selaku Relation Spv PT SEML yang sekaligus  Direktur Eksekutif FP-TJSLP atau forum CSR Kabupaten Solok Selatan, kepada awak Media, diruang kerjanya Sabtu (23/4)2022).


Lebih jauh pria identik dengan kaca mata ini menambahkan, ini sama dengan kegiatan sebelumnya diselenggarakan buka bersama dan pemberian santunan dan ramah tamah.

dalam bulan puasa ini. 


Baik di Ponpes Daarussaleh, maupun di Ponpes Andalusia ini, selalu mengajak para Pembina dan para santri agar senantiasa menanamkan nilai-nilai kebangsaan melalui pengamalan Pancasila dan UUD 45, memiliki karakter sejalan dengan falsafah urang awak “Adat Bersendi Syarak, Syarak Bersendi kitabullah (ABS-SBK)," ucap petinggi adat ini. 


Melirik sejarah kemerdekaan RI, nilai-nilai kebangsaan ini justru dicetuskan oleh  para tokoh Minang tempo dulu, sebut saja Bung Hatta Cs yang semuanya bersumber dari ajaran Surau, dan kemudian surau bertransformasi menjadi Bording School sebut saja Sumatera Tawalib, Padang Panjang, Jaho, Parabek, Canduang dan Diniyah Putri  yang menjadi rujukan pengembangan pondok di Nusantara ini.


Adalah pandangan yang keliru kalau ada orang menganggap Ponpes di Minangkabau ini sebagai tempat berkembangnya paham radikalisme, justru sebaliknya Surau dan Sumaterera tawalib lah  yang menjadi cikal bakal membangun paham kebangsaan yang lahir dari bumi Minangkabau.


Sebagai mana ditegaskan oleh Bujang Joan  seorang Magister Desain jebolan ITB berpredikat Cumlaude, yang tesisnya berjudul Desain dan Pergeseran fungsi surau di Minagkabau kaitannya dengan tradisi Adat Bersendi syarak, Syarak bersendi kitabullah tersebut.


Kunjungan tim SEML ke Ponpes dan beberapa Panti asuhan dan rumah tahfisz ini bagian dari program Ramadhan Mubarak PT SEML 2022  dan bahkan secara pribadi mendapatkan support secara moril dan materil dari Pendiri Sekaligus Presiden Komisaris Supreme Energy yang bergerak dibidang energy terbarukan Panas bumi ini yaitu Bp K H Supramu Santoso.


Buya Ashari kepala Ponpes Andalusia yayasan khalifah Rajab menyampaikan, terima kasih tak terhingga atas perhatian PT SEML selama ini terutama kepada bapak KH  Supramu Santoso, yang berkali-kali datang langsung ke Surau Khalifah Rajab. 


Inisiatif beliau untuk merenovasi Makam dan Surau Khalifah Rajab sehingga saat ini Surau telah bisa dimanfaatkan untuk kepentingan jamaah dan ponpes, begitu juga bantuan lainnya yang tidak bisa kami uaraikan satu persatu hanya Allah yang dapat membalas semua ini.


Pada kesempatan ini tim SEML juga menyerahkan cendera mata buku Solok Selatan The hearth of Minangkabau yang didalamnya terdapat tulisan tentang Surau Khalifah Rajab dan paparan keindahan alam Solok Selatan setebal 99 halaman. Abg