Putin Peringatkan Intervensi Asing di Perang Rusia-Ukraina, Ancam Gunakan Rudal Balistik dan Senjata Nuklir -->

Iklan Atas

Putin Peringatkan Intervensi Asing di Perang Rusia-Ukraina, Ancam Gunakan Rudal Balistik dan Senjata Nuklir

Kamis, 28 April 2022

Presiden Rusia Vladimir Putin


RUSIA - Presiden Rusia Vladimir Putin telah memperingatkan setiap negara yang mencoba untuk campur tangan atau intervensi dalam perang Ukraina akan menghadapi tanggapan "secepat kilat".


"Kami memiliki semua alat yang tidak dapat dibanggakan oleh siapa pun ... kami akan menggunakannya jika perlu,” terangnya. Dia merujuk pada referensi untuk rudal balistik dan senjata nuklir.


Analis menilai ancaman semacam itu adalah upaya Putin untuk memperingatkan sekutu Ukraina agar tidak lebih banyak campur tangan dalam konflik, sebagaimana dikutip Okezone.com.


Putin berbicara sehari setelah negara-negara Barat mengadakan pertemuan puncak di Jerman yang berjanji untuk meningkatkan dukungan militer untuk Ukraina.


Diketahui sekutu Ukraina telah meningkatkan pasokan senjata, dan Amerika Serikat (AS) berjanji untuk memastikan Ukraina mengalahkan Rusia.


Para pejabat Barat mengatakan Rusia sedang terhambat dalam upayanya di timur.


Pekan lalu, Rusia melancarkan serangan besar-besaran untuk merebut wilayah Donbas setelah menarik diri dari wilayah sekitar ibu kota Kyiv.


Namun menurut seorang pejabat, pasukan Rusia "mendapatkan kesulitan untuk mengatasi perlawanan setia Ukraina dan mereka menderita kerugian".


Dalam perkembangan lain, Komisi Eropa menuduh Rusia melakukan pemerasan setelah Moskow menghentikan ekspor gas ke Polandia dan Bulgaria.


Presiden Komisi, Ursula von der Leyen mengatakan itu menunjukkan "tidak dapat diandalkan" Rusia sebagai pemasok.


Kremlin menegaskan Rusia telah dipaksa melakukan tindakan tersebut oleh "langkah-langkah tidak bersahabat" dari negara-negara Barat.


Pemutusan Gazprom ini menyusul penolakan Polandia dan Bulgaria untuk membayar gas dalam rubel Rusia - permintaan yang dibuat Putin pada Maret lalu, yang dirancang untuk menopang mata uang yang goyah yang terpukul oleh sanksi Barat.


"Jika seseorang dari luar mencoba untuk campur tangan di Ukraina dan menciptakan ancaman strategis bagi Rusia, tanggapan kami akan secepat kilat," katanya saat berbicara kepada anggota parlemen Rusia di kota utara St Petersburg pada Rabu (27/4).


"Kami memiliki semua alat [untuk merespons] yang tidak dapat dibanggakan oleh siapa pun. Dan kami tidak akan menyombongkannya, kami akan menggunakannya jika perlu,” lanjutnya.


Putin menambahkan bahwa semua keputusan tentang apa yang akan termasuk dalam tanggapan itu telah dibuat - tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Sementara itu, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin berjanji untuk menggerakkan "langit dan bumi" untuk memastikan Ukraina memenangkan perang.


Baru-baru ini ada peningkatan jumlah janji untuk meningkatkan dukungan militer ke Ukraina, termasuk pengumuman Jerman bahwa mereka akan mengirim 50 tank anti-pesawat.


Rusia diketahui menginvasi Ukraina pada 24 Februari, dan dalam beberapa hari Presiden Putin memerintahkan militernya untuk menempatkan pasukan penangkal nuklir Rusia dalam siaga tinggi.(*)