Rektor UNP, Ramadhan Adalah Momentum Perubahan -->

Adsense Atas-STIE AKBP

Rektor UNP, Ramadhan Adalah Momentum Perubahan

Minggu, 03 April 2022

 

.

Padang - Kegiatan Tawareh malam pertama, Universitas Negeri Padang (UNP), diisi dengan ceramah Ramadhan oleh Ustad Dr. Ahmad Kosasih, M. A di Masjid Al-Azhar Komplek UNP Air Tawar Padang Sabtu, (2/04/2022).

Ceramahnya tentang hakekat puasa, sejarah dari ibadah puasa yang sudah dijalankan oleh umat sebelum umat Muhammad, seperti umat Nabi Daud, Nabi Sulaiman, Nabi Musa dan sebagainya.

"Dengan demikian, puasa akan menuntun orang untuk bertaqwa, dilaksanakan pada hari dan waktu tertentu” tegas Dosen Pendidikan Agama Islam FIS UNP itu.

Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D dalam sambutannya mengatakan, bulan Ramadhan dan pelaksanaan ibadah puasa jika dijalankan dengan sebaiknya-baiknya, bisa menjadi momentum perubahan. 

Ada tiga momentum perubahan dari puasa, pertama Perubahan mindset, puasa dapat dijadikan perubahan cara berpikir dalam menghadapi kerasnya tantangan hidup, karena puasa melatih diri untuk menghadapi tantangan. Selajutnya puasa sebagai momentum perubahan prilaku,  puasa Ramadhan merubah perilaku kita untuk lebih baik, puasa melatih kita untuk menjadi orang yang berdisiplin, tunduk pada hukum, empati kepada orang lain, istiqamah, serta menerapkan pola hidup selektif dan yang ketiga puasa sebagai momentum perubahan sosial, Puasa Ramadhan melatih kita untuk mampu mengendalikan diri dari segala bentuk hawa nafsu dan degradasi perilaku yang meruntuhkan derajat kemanusiaan kita, sekaligus mengasah kepekaan sosial terhadap sesama. "Itulah sebabnya anjuran dan larangan-larangan selama kita menjalani puasa memiliki dimensi sosial di baliknya, selalu terkait dengan interaksi kita dengan orang lain” tegas Rektor UNP yang juga Ketua PWNU Sumbar itu.

Pada kegiatan tawareh ini juga dihadiri para pimpinan UNP, Pengurus Masjid Al-Azhar, mahasiswa UNP dan Masyarakat sekitar kampus UNP. Selanjutnya kegiatan Ramadhan selama satu bulan akan diisi ceramah subuh dan taraweh, buka bersama dan kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya. ( * )