Salat Idul Fitri Disepakati di Lapangan Bancalaweh -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Salat Idul Fitri Disepakati di Lapangan Bancalaweh

Rabu, 20 April 2022

 

Lapangan Bancah Laweh, Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com  - Pemko Padang Panjang bersama sejumlah unsur dan elemen terkait menyepakati penyelenggaraan Salat Idulfitri 1443 H di Lapangan Bancalaweh.


Hal tersebut mengemuka pada rapat persiapan penyelenggaraan Salat Idulfitri yang dipimpin Sekdako, Sonny Budaya Putra, A P, M.Si, di Hall Lantai III Balai Kota, Rabu (20/4).


Sonny mengatakan, sampai saat ini pemerintah pusat  memberikan izin pelaksanaan salat Ied di lapangan, akan tetapi tetap menerapkan protokol kesehatan. 


"Alhamdulillah dengan adanya kebijakan pemerintah, memungkinkan pelaksanaan Salat Ied di

lapangan, dengan menerapkan prokes, memakai masker," tuturnya.


Di samping itu, masyarakat juga diminta menjaga kebersihan lapangan, menghindari penumpukan sampah seusai pelaksanaan salat.


Ada enam alternatif tempat salat yang dipersiapkan Pemko bila terjadi hujan. Yaitu Masjid Islamic Center, Masjid Tauhid di Kelurahan Pasar Baru, Masjid Ilham di Kelurahan Koto Panjang, Masjid Ashliyah Kelurahan Pasar Usang, dan Masjid Taqwa Muhammadiyah.


Untuk kegiatan takbiran, pemko menghimbau pelaksanaannya di masing-masing masjid. 


"Kita imbau kepada masyarakat, pelaksanaan takbiran itu di masing-masing masjid. Jadi tidak ada takbiran keliling," sebutnya.


Sementara itu, Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag), Drs. H. Alizar, M.Ag mengatakan, berdasarkan Surat Edaran Kemenag No 8 Tahun 2022, Salat Idulfitri sudah bisa dilaksanakan di lapangan ataupun di masjid dengan tetap menjaga protokol kesehatan. "Artinya sudah bisa kita laksanakan," ujarnya.


Pada rapat tersebut turut dibahas teknis kelancaran kegiatan saat pelaksanaan Idulfitri melibatkan berbagai OPD, unsur kepolisian dan sejumlah elemen lainnya. (syam)